Mind Map : Learning Model to Improve Creative Thinking Ability

Penulis

  • Wida Wulandari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12479

Kata Kunci:

berpikir kreatif, mind map

Abstrak

Keterampilan abad 21 sangat penting bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam peningkatan berpikir kreatif siswa, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa yang menggunakan model pembelajaran mind mapping. Data -data penelitian yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan software SPSS versi 24. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran mind mapping berdampak pada kemampuan berpikir kreatif siswa. dan penggunaan model pembelajaran tradisional tidak berpengaruh terhadap kemampuan siswa. Pemikiran kreatif siswa. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran tradisional.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Wida Wulandari, Universitas Negeri Surabaya

 

 

Referensi

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. In Journal of Education (Vol. 88). Association for Supervision & Curriculum Development. https://doi.org/10.1177/002205741808801819

Buzan, T. (2018). Mind Map Mastery: The Complete Guide to Learning and Using the Most Powerful Thinking Tool in the Universe. Watkins Publishing.

Carter, P. (2009). Test and Assess Your Brain Quotient: Discover Your True Intelligence with Tests of Aptitude, Logic, Memory, EQ, Creative and Lateral Thinking. Kogan Page.

Fatmawati, B. (2014). IdentifikasiBerpikirKreatif Mahasiswa Melalui Metode Mind Mapping Identification of Student’s Creative Thinking trough Mind Mapping BAIQ. Jurnal Pendidikan Biologi, 7, 103–111.

Fu, Q. K., Lin, C. J., Hwang, G. J., & Zhang, L. (2019). Impacts of a mind mapping-based contextual gaming approach on EFL students’ writing performance, learning perceptions and generative uses in an English course. Computers and Education, 137(January), 59–77. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.005

I Wayan Darmayoga, I. W. L. dan A. A. I. N. M. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas Iv Sd Sathya Sai Denpasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Kim, S. H., & Park, S. (2021). Influence of learning flow and distance e-learning satisfaction on learning outcomes and the moderated mediation effect of social-evaluative anxiety in nursing college students during the COVID-19 pandemic: A cross-sectional study. Nurse Education in Practice, 56. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103197

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. RespositoryWidyamandala, 8(33), 44.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Le, H., Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103–122. https://doi.org/10.1080/0305764X.2016.1259389

Maharani, A. (2018). Learning Mind Map for Creative Thinking. Journal Of Educational Experts (JEE), 1(2), 111–118.

Meiarti, D., & Ellianawati, E. (2019). Mind Mapping Based Creative Problem Solving: Train The Creative Thinking Skills of Vocational School Students in Physics Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 91–100. https://doi.org/10.21009/1.05204

Murtafiah, W. (2017). (2017). Profil kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengajukan masalah persamaan diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 73-81. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 73.

Noer, S. H. (2013). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.824.

OECD. (2019). PISA 2021 Creative Thinking Framework. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, 53(9), 1689–1699. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA-2021-creative-thinking-framework.pdf

Orús, C., Barlés, M. J., Belanche, D., Casaló, L., Fraj, E., & Gurrea, R. (2016). The effects of learner-generated videos for YouTube on learning outcomes and satisfaction. Computers and Education, 95, 254–269. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.01.007

Puspendik. (2019). Diagnosa Hasil Ujian Nasional Tahun 2019. Hasil UN Puspendik Kemdikbud, 5(1), 39. Retrieved from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

Sari, D. N. A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 114. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.741

Simamora, S. S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Pada Materi Sel Di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.36987/jpbn.v4i1.1114

Syahidah, N. (2015). Metode Mind Map Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, (5), 108–117.

Widiari, M., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3548

Yoon, H., & Kang, S. (2015). The effect of integrated mind map activities on the creative thinking skills of 2nd year students in Junior High School. Journal of the Korean Chemical Society, 59(2), 164–178. https://doi.org/10.5012/jkcs.2015.59.2.164

Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving creative thinking skills of students through Differentiated Science Inquiry integrated with mind map. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77–91. https://doi.org/10.12973/tused.10214a

Diterbitkan

2023-04-09

Cara Mengutip

Wulandari, W. (2023). Mind Map : Learning Model to Improve Creative Thinking Ability . Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 57–64. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12479
Received 2023-03-19
Accepted 2023-03-29
Published 2023-04-09