Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artificial Intelligence Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12455Kata Kunci:
Teaching materials, Chatbot, 4D DevelopmentAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan langkah-langkah pengembangan produk, hasil kualitas pengembangan bahan ajar chatbot, dan respon peserta didik dari penggunaan bahan ajar chatbot pada materi sistem peredaran darah manusia, Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D) dengan model 4D (define, design, development, dessimate). Pengujian produk ini dilakukan dengan 28 peserta didik kelas V SD. Uji validasi dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli software, dan dua ahli Bahasa dengan hasil diperoleh nilai 1 dengan kategori “sangat tinggi” pada setiap validasi. Maka dari itu disimpulkan bahwa dalam pengembangan bahan ajar chatbot dengan materi sistem peredaran darah manusia kelas V SD telah valid. Bahan ajar chatbot dapat dimanfaatkan dalam proses kegiatan pembelajaran. Pada bagain penyebaran bahan ajar chatbot pada siswa kelas V diperoleh hasil respon baik, sehingga bahan ajar berupa chatbot pada materi sistem peredaran darah dapat dinyatakan valid dan efisien.
Unduhan
Referensi
Bala, K., Mukesh Kumar, Sayali Hulawale, & Sahil Pandita. N.D. Chat-Bot For College Management System Using A.I. 04(11):4.
Dwiqi, G.C.S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Sd Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha 8(2):33. Doi: 10.23887/Jeu.V8i2.28934.
Garcia Brustenga, G., Fuertes A. M., & Molas Castells, M. 2018. Briefing Paper: Chatbots In Education. Universitat Oberta De Catalunya (Uoc). Doi:10.7238/Elc.Chatbots.2018.
Hasanah, F. N., Untari, R. S., & Aulina, C. N. 2022. Pengembangan Modul Pemrograman Visual Berbasis Project Based Learning. Edu Komputika Journal, 9(1), 37-34. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i1.56857
Hendri, N., & Anugrah, S. 2019. Pengembangan Digital Library Menggunakan Senayan Library Management System (Slims) Di Laboratorium Multimedia Jurusan KTP FIP UNP. https://doi.org/10.24036/et.v6i1.104447
Hidayah, P., Untari, M. F. A., & Wardana, M. Y. S. 2018. Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. International Journal Of Elementary Education 2(4):306. Doi: 10.23887/Ijee.V2i4.16109.
Ikhsan, M. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Tema 9 Siswa Kelas V SDN 015 Samarinda 2017/2018. Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda 3.
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan Ipa 7(2):47–65. Doi: 10.24929/Lensa.V7i2.22.
Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. 2019. Discovery Learning: Penerapan Dalam Pembelajaran Ipa Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jipva (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran) 3(1):87.Doi: 10.31331/Jipva.V3i1.770.
Kumalasani, M. P. 2018. Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2(1a):1–11. Doi: 10.21067/Jbpd.V2i1a.2345.
Prihatini, E. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa 7(2). Doi: 10.30998/Formatif.V7i2.1831.
Rumaisa, F., Puspitarani, Y., Rosita, A., & Zakiah, A. 2021. Penerapan Natural Language Processing (NLP) Di Bidang Pendidikan. Jurnal Inovasi Masyarakat, 1(3), 232–235. https://doi.org/10.33197/jim.vol1.iss3.2021.799
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian & Pengembanga Research and Development Untuk Bidang: Pendidkan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, B. M. A, Oni. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaan IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Dan Hewan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Accepted 2023-04-04
Published 2023-04-09