Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).11983Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Scrapbook, Keragaman Suku Bangsa dan AgamaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran scrapbook materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 32 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa, angket respon guru serta tes kemampuan. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari tim ahli yang menilaidari segi tampilan media, penyajian materi dan pengunaan bahasa yang secara keseluruhan memperoleh skor persentase 81,9% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa memperoleh skor persentase 94,66% dan angket kepraktisan keseluruhan guru memperoleh skor persentase 93,25% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor 82,04% yang diperoleh dari tes pemahaman materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil yang dikembangkan oleh peneliti yang berjudul pengembangan media pembelajaran Scrapbook materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pada siswa kelas IV SD disimpulkan bahwa scrapbook yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Unduhan
Referensi
Destin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya.
Djuwita, P. (2018). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar . Jurnal PGSD, 20.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Jurnal Keislaman, 129-150.
Intan, Suyoto, M., & Nur. (2020). Pengembangan Video Animasi Stop Motion Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku IV SD. PGSD, 668.
Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Pijar
Kusumawati, H. (2018). Indahnya Keragaman di Negeriku. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 16.
Mardhatillah, & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. 95
Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd Negeri 79 Pekanbaru. Jurnal PGSD, Vol. 7 No. 2
Rispa, P. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Sebagai Media Pembelahjaran Picture and Picture Pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Theresia, E., Rohana, & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Video Blog (vlog) Berbasis Kearifan Lokak Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 192.
Utami, Rukiyah & Andika. (2021). Pengembangan Media Flashcard berbasis Augmented Reality Pada Materi
Mengenal Bintang Laut. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1725
Wardhani, Setyo Wahyu. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan untuk Siswa Kelas III. Jurnal Sekolah, 135.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran Guna meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23-27
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Accepted 2023-02-01
Published 2023-04-06