Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MA Al-Ishlahiyah Binjai

Penulis

  • Amiruddin
  • Suci Ramadhani UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
  • Nadya Putri Matondang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sandy Franata Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).11289

Kata Kunci:

Srategi, kepala sekolah, profesionalisme guru

Abstrak

Strategi kepala sekolah sangat mempengaruhi profesional guru, yang dilaksanakan dengan membimbing, membina serta memberikan kesempatan kepada seorang guru untuk dapat mengembangkan profesinya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi kepala sekolah  dalam meningkatkan kemampuan guru, tentang mengetahui strategi kepala sekolah dalam menggunakan metode pengajaran guru, pengelolaan bahan ajar, strategi kepala sekolah dalam mengevaluasi keberhasilan guru serta mengetahui keadaan kepala sekolah untuk meningkatkan kualifikasi profesi guru pada MA Al-Ishlahiyah Binjai.  Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Subjek pada penelitian ini ialah kepala sekolah serta guru pada MA Al-Ishlahiyah Binjai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru yakni: 1. Penggunaan metode dalam pembelajaran yang dilaksanakan dengan melibatkan seorang guru dengan kegiatan pelatihan, kegiatan ilmiah, seperti menulis karya ilmiah dalam bentuk tindakan kelas, seminar, memotivasi guru melanjutkan pendidikan serta melakukan supervisi, 2. Strategi kepala sekolah dalam melakukan evaluasi dengan supervisi kelas yang terkadang dilakukan secara mendadak. Hasil evaluasi ini dikumpulkan menjadi catatan oleh kepala sekolah serta akan disampaikan pada kegiatan rapat serta forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran sebagai suatu tindak lanjut pada evaluasi yang telah dilaksanakan, 3. Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru yakni: kesibukan kepala sekolah serta guru dalam melaksanakan suatu tugas utamanya, serta kurang terdorongnya seorang guru untuk dapat mengembangkan profesinya sebagai seorang guru.

 

 

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Amiruddin

 

 

Nadya Putri Matondang, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

Sandy Franata Tarigan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

Referensi

Cut Zahri Harun. (2009). Manajenem Sumber daya Manusia. Jakarta: Pena Persada Desktop Publisher.

Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

E. Mulyasa. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Kartono. (2013). Pemimpin dan kepemimpinan, apakah pemimpin upnormal itu? Jakarta: Rajawali perss.

Kartono, K. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analysis of qualitative data. Jakarta: UI Press.

Mulyasa. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, H. . (2003). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, Bulaksumur.

R. Soekarto. (1983). Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Jakarta: Pt. Prenlindo.

Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: STAIN Press.

Saud, S. U. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Al FABETA.

Sudarwan Danim. (2003). Menjadi Komunitas Pembelajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutarto. (2012). Dasar-Dasar Keprmimpinan Administrasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Winardi. (2000). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Yatim Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

2023-04-05

Cara Mengutip

Amiruddin, Suci Ramadhani, Matondang, N. P., & Tarigan, S. F. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MA Al-Ishlahiyah Binjai. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 10–16. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).11289
Received 2022-12-13
Accepted 2022-12-21
Published 2023-04-05