Faktor yang mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xl MIPA SMA Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023

Penulis

  • Desi Lestari Universitas Islam Riau
  • Mellisa Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).11238

Kata Kunci:

Minat Belajar Siswa, Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - November 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 siswa. Angket yang disebarkan terdiri dari 31 pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian adapun faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa adalah tertarik pada guru dan ulet dalam belajar. Faktor tertarik pada guru berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 79,5%. Dan pada faktor kedua yaitu ulet dalam belajar berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 79,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023 berada pada kategori baik dengan persentase sebesar  76,22%.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Mellisa, Universitas Islam Riau

 

 

Referensi

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Mardin, H., Nurhayati, & Ramlawati. (2017). Kelas Xii Ipa Sma Negeri Di Kota Palopo. Pasca Sarjana Biologi Universitas Negeri Makassar.

Sudjana, N. (2009). Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaj Rosdakarya.

Syah, M. (2011). Pisikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa.

Kidjab, R, M. Ismail, S. Wahab, A, A. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika SMP. Universitas Negeri Gorontalo.

Sukri, Purwanti. 2016. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw.

Khumaeroh, A. (2021). Pengaruh Kemauan untuk Belajar Terhadap Kesiapan Calon Guru PAI dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Umami, F, U, I. Sobri, M. 2022. Nilai- Nilai Kerja Keras (Kreatif, Rajin, Ulet, Teliti, Tekun, Komitmen, Disiplin Dan Berilmu) dan Cinta Tanah Air dalam Islam. Pacasarjana UIN Sunan Kalijaga, Universitas Mataram.

Diterbitkan

2023-04-09

Cara Mengutip

Desi Lestari, & Mellisa. (2023). Faktor yang mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xl MIPA SMA Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 45–49. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).11238
Received 2022-12-09
Accepted 2023-04-01
Published 2023-04-09