Coaching-Based Academic Supervision to Improve Teacher Performance in Implementing Differentiation Learning at SDN 014 Kempas Jaya

Penulis

  • Abu Nawas Pasca Sarjana Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).10606

Kata Kunci:

Supervisi akademik berbasis coaching, kinerja guru, pembelajaran berdiferensiasi

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.Tahapan-tahapan supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pedagogis, sosiologis, dan manajerial. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 014 Kempas jaya. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian yakni pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model supervisi berbasis coaching dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Tahapan tahapan supervise yakni tahapan perencanaan, meliputi sosialisasi, menjelaskan indicator-indikator supervise dan peyusunan jadwal, tahapan pelaksanaan meliputi kegiatan niat, pra supervise, supervise dan pascasupervisi. Kendala pelaksanaan supervise yakni ruang lingkup manajerial kepala sekolahyang luas, guru kurang siap untuk di supervise, sering terjadi pergantian kepala sekolah, sarana prasarana terbatas, dan kurngnya disiplin guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alifah, A. I. (2022). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah menengah kejuruan addimyati jenggawah jember. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Burhanuddin, Y. (1998). Administrasi Pendidikan. Pustaka Setia.
Chaidir, C. (2021). Penerapan Supervisi Akademik Berbasis Coaching untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MAN 2 Ketapang Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2018/2019. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(3), 70–82. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i3.220
Hermansyah, A. R. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendidikan Guru Penggerak (CGP Angkatan Ke - 5).
Imah, C. (2018). Pengaruh Supervisi Kepal Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se- Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Jurnal Administrasi Pendidikan UM Palembang, 1(2), 65–77.
Kodariah, W. (2016). SUMEDANG., PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SD NEGERI DI KABUPATEN [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/25015/
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Sudarmadi. (2018). MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI METODE COACHING DENGAN MODEL GROW. Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, XIV(15). www.btkp-diy.or.id
Ulfah, M., & Noviansah, A. (2020). Supervisi Coaching : Peningkatan Kinerja Mengajar Guru. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 119–128.
Ahmad Ramadhan. 2017. Pengaruh Pelaksanaan supervisi akademik Pengawas Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017 Hal. 136- 144 p-ISSN:2460-1497 dan e-ISSN: 2477-3840
Arifin & Barnawi., 2012. Etika dan profesi kependidikan. Yogyakarta: Arruzz Media.
Arifin, M. 2015. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Kimia. Airlangga Surabaya: University Press.
Arikunto. 2016. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Asf, Jasmani & Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pe ngawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Benis, Arifin. 2011. Pendidikan Metode dan Paradigma baru. Bandung: Rosda Karya.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Daryanto, M. H. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Barnawi dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: AR-RUZZ
Basri, H. 2014. Kepemimpina Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Burhanuddin, Yusak. 2015. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Byars, L.L & Rue, L.W. 2011. Human Resource Management. Boston: Richard. D. Irwin, Inc.

Diterbitkan

2023-04-05

Cara Mengutip

Nawas, A. (2023). Coaching-Based Academic Supervision to Improve Teacher Performance in Implementing Differentiation Learning at SDN 014 Kempas Jaya. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).10606
Received 2022-09-28
Accepted 2022-10-12
Published 2023-04-05