ANALISIS KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK PERBANKAN RIAU KOTA PEKANBARU

Authors

  • Bella Juliah
  • Sukarni Sukarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi pada materi jurnal khusus, buku besar pembantu dan ayat jurnal penyesuaian di perusahaan dagang pada siswa kelas X Akuntansi SMK Perbankan Riau Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Perbankan Riau Kota Pekanbaru sejumlah 142 orang siswa, dengan teknik sampling atau sampel jenuh. Instrument pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes atau soal-soal ujian. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 14.0 dan microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat) dimensi kesulitan belajar siswa mata pelajaran Akuntansi. Keempat dimensi tersebut adalah: (1) Fakta berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 2,2% atau 0,022. (2) Konsep berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 19,59% atau 0,1959. (3) Prinsip berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 1,75% atau 0,0175. (4) Prosedur berkontribusi terhadap kesulitan belajar sebesar 7,69% atau 0,0769. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa konsep dan prinsip menyumbang kesulitan belajar yang paling dominan. Oleh karena itu, bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperluas penelitian dengan meneliti masing-masing dimensi kesulitan belajar secara terpisah, seperti dimensi fakta, konsep, prinsip dan prosedur agar penelitian ini bisa terus berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Juliah, B. ., & Sukarni, S. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK PERBANKAN RIAU KOTA PEKANBARU. PEKA, 7(1). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/5033

Issue

Section

Articles