PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI PEKANBARU TA 2016/2017

  • Sukarni Sukarni
  • Sulastri Sulastri

Abstract

Abstrak

            Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bermaksud untuk melihat pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Subjek di penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas X Ak dan kelas XI Ak yang berjumlah 103 orang peserta didik, pengambilan sampel menggunakan stratified sampling (sampel berstrata). Teknik pengambilan data yang dipakai di penelitian ini ialah dengan memakai teknik kuesioner dilihat nilai signifikan untuk variabel konsep diri 0,050 sehingga dapat di determinasi bahwa terdapat divergensi antara konsep diri akan prestasi belajar peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru. Untuk variabel kebiasaan belajar diketahui nilai signifikan sebesar 0,039 sehingga dapat di determinasi bahwa terdapat divergensi kebiasaan atau kelaziman belajar akan prestasi belajar peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru. Hasil pengujian simultan dapat dilihat nilai signifikan sebesar 0,003 sehingga dideterminasi terdapat divergensi antara konsep diri dan kebiasaan atau kelaziman belajar akan prestasi belajar peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya divergensi antara X1 dan X2 akan Y sebesar 0,242 atau 24,2 %. Sedangkan sisanya sebesar 75,8 % disebabkan faktor lain yang tidak di ungkap di penyelidikan ini.

 

Kata kunci: Konsep diri, kebiasaan belajar, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-30
How to Cite
Sukarni, S., & Sulastri, S. (2019). PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI PEKANBARU TA 2016/2017. PEKA, 7(2). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/4648
Section
Articles
Abstract viewed = 3 times
Pdf downloaded = 5 times