PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SIAK HULU

  • Friska Magdalena UIR
  • Mukhtar Rahman
  • Andoko Ageng Setyawan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, siswa sulit memahami konsep matematika, kurang aktif, malu bertanya dan tidak berani menyampaikan idenya. Sehingga  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Searsch Solve Create Share (SSCS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental semu (Quasi Eksperimental Design) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Siak Hulu. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga peneliti mengambil kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data berlangsung dari tanggal 26 maret 2018 sampai dengan 26 april 2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan, teknik tes dan teknik dokumentasi. Sedangkan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskripif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data statistik inferensial yaitu uji-t diperoleh bahwa thitung = 4,34 dan ttabel = 1,66 maka thitung > ttabel. Berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Siak Hulu.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS), Hasil Belajar Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-03
Section
Articles
Abstract viewed = 158 times
PDF downloaded = 0 times