MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

  • Gunawan Saleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab
  • Rizky Rahayu Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi pemasaran pengrajin rotan di kecamatan rumbai pesisir dalam upaya meningkatkan eksistensi usahanya. Informan dalam penelitian ini adalah pengrajin rotan di Kecamatan Rumbai Pesisir dan untuk menentukan informan, penulis menggunakan teknik sampling purposif. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menelaah sumber data, reduksi data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian di dapat bahwa model komunikasi pemasaran pengrajin rotan di Kecamatan Rumbai Pesisir dalam upaya mempertahankan eksistensi usahanya yaitu dengan melakukan ke enam point Integrated Marketing Communication atau IMC yang pertama periklanan seperti di televisi, surat kabar dan media sosial. Kedua yaitu dengan melakukan promosi penjualan dengan memberikan potongan harga. Point ketiga pengrajin rotan juga melakukan kegiatan Public Relations dengan kegiatan sosial. Yang ke empat melakukan respon langsung dengan membagikan brosur kepada masyarakat. Ke lima melakukan publisitas di media cetak maupun media online. Dan yang terakhir dengan melakukan personal selling yang dilakukan di kios masing-masing. Dengan melakukan ke enam point tersebut membuat pengrajin rotan dapat meningkatkan eksistensi usahanya dari dulu hingg sekarang.

Published
2017-12-19
How to Cite
SALEH, Gunawan; RAHAYU, Rizky. MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU. MEDIUM, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 11-20, dec. 2017. ISSN 2303-0194. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/1084>. Date accessed: 25 june 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.