PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TYPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

  • Astri Wahyuni Universitas Islam Riau

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran cooperative learning type STAD dan type TPS pada aspek kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dan 2) membandingkan keefektifan pembelajaran cooperative learning type STAD dan type TPS ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa SMP.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent (Pretest and Posttest) group design. Penelitian tersebut menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta dengan sampel penelitian dua kelas yang ditentukan dari seluruh kelas VIII dengan perlakuan kelas VIII.A berupa metode cooperative learning type STAD dan kelas VIII.B berupa metode cooperative learning type TPS. Instrumen yang digunakan adalah tes. Untuk menyelidiki keefektifan cooperative learning type STAD dan cooperative learning type TPS pada aspek kemampuan komunikasi, data dianalisis dengan uji one sample. Membandingkan keefektifan metode cooperative learning type STAD dengan metode cooperative learning type TPS ditinjau dari Kemampuan Komunikasi matematis dilakukan dengan uji t. Uji normalitas yang digunakan adalah dengan uji normalitas univariat dengan menentukan Levene test lalu dilakukan uji homogenitas univariat dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov.


Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Metode cooperative learning type STAD dan metode cooperative learning type TPS efektif ditinjau dari Kemampuan Komunikasi matematis siswa SMP. 2). Metode cooperative learning type STAD lebih efektif dibanding metode cooperative learning type TPS terhadap ketercapaian Kemampuan Komunikasi matematis siswa SMP.

Published
2017-07-25
How to Cite
WAHYUNI, Astri. PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TYPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. AKSIOMATIK, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 355-361, july 2017. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/481>. Date accessed: 26 sep. 2017.
Section
Articles