ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERINGATAN BAHAYA MEROKOK PADA KEMASAN ROKOK DI KELURAHAN SIMPANG TIGA KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU
Keywords:
Persepsi, Konsumen, Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan RokokAbstract
Perkembangan industri rokok semakin pesat perkembangannya di Indonesia dan menyebabkan semakin meningkatnya jumlah konsumen rokok. Baru-baru ini Pemerintah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan semua produk rokok untuk mencantumkan peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok. Penelitian ini melihat dan mengukur sejauh mana hasil dari persepsi konsumen terhadap peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok khususnya di Kelurahan Simpang Tiga.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif tipe survey dengan menggunakan analisis kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang telah mengkonsumsi rokok untuk semua jenis merek rokok.Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu tak terhingga.Teknik penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling sehingga sampel yang ditentukan peneliti yaitu sebanyak 50 orang.Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui kuisioner dan juga peneliti melakukan wawancara dan observasi lapangan untruk
mengetahui hasil dari persepsi konsumen terhadap peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok di Kelurahan Simpang Tiga. Dalam melakukan penelitan ini, peneliti menggunakan tiga indikator untuk mengukur sejauh mana persepsi konsumen terhadap peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok ini, tiga indikator tersebut adalah : Seleksi, Pengorganisasian, dan Interpretasi. Berdasarkan pelaksanan penelitian yang dilakukan, maka dari hasil dari Persepsi Konsumen Terhadap Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan Rokok di Kelurahan Simpang Tiga ini hasilnya cukup mempengaruhi, hal ini sesuai dengan jawaban dan pertanyaan yang diberikan oleh para responden.