ANALISIS BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) PRODUK MULTILINKED SYARIAH PADA ASURANSI PANIN DAI-ICHI LIFE CABANG PEKANBARU

  • Alfiyandi Alfiyandi
  • La Ode Syarfan
Keywords: Periklanan, Penjualan Perseorangan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung

Abstract

Pemasaran ialah suatu rencana yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan sumber daya yang
dimilikinya dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan. Faktor keberhasilan suatu pemasaran sangat
ditentukan dari bagaimana promosi dilakukan. Promosi merupakan sebuah usaha yang dapat dilakukan
oleh perusahaan untuk memberikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan kepada
konsumen. Masalah yang timbul dalam penelitian ini adalah masih kurang maksimalnya promosi yang
dilakukan pihak asuransi yang mempengaruhi target penjualan produk tersebut. Menurut Tjiptono
Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang mencakup aktivitas pemasaran yang berusaha
menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan
dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan
yang bersangkutan. Rumusan masalah ini adalah bagaimanakah bauran promosi yang digunakan dalam
memasaran produk multilinked syariah pada asuransi Panin Dai-ichi Life cabang Pekanbaru. Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan strategi promosi yang dilaksanakan oleh
asuransi Panin Dai-ichi Life cabang Pekanbaru dalam memasarkan produknya. Jenis penelitian ini adalah
tipe penilitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisis pada data-data numerical (angka)
yang diolah dengan metode statistika, sehingga dapat diperoleh hasil penilain terhadap setiap variabel.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara daftar pertanyaan (kuisioner), wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Adapun operasional variabel penelitian ini adalah periklanan, penjualan perseorangan,
promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung. Hasil penelitian untuk periklanan kurang
baik, penilaian terhadap penjualan perseorangan baik, penilaian terhadap promosi penjualan kurang baik,
hubungan masyarakat cukup baik, dan pemasaran langsung cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini
menunjukkan bahwa strategi promosi pada asuransi Panin Dai-ichi Life cabang Pekanbaru Cukup Baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 872 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 5260 times

Most read articles by the same author(s)