NILAI-NILAI ISLAM DALAM BISNIS DAN MANAJEMEN
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).21244Keywords:
Nilai Islam, Bisnis, ManajemenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat nilai-nilai Islam dalam aplikasi manajemen dan bisnis berbasis Islam. Islam merupakan agama komprehensif, yang tidak hanya mengatur urusan akhirat tetapi juga keduniawian dalam kehidupan seperti bisnis dan manajemen. Prinsip manajemen bisnis Islam merupakan pedoman utama bagi para pebisnis Muslim. Tujuan utamanya adalah tidak hanya untuk mencapai kepentingan organisasi saja melainkan demi kemaslahatan bersama. Nilai-nilai Islam yang berpedoman dari Al-Qur’an dan Hadist. Praktek bisnis dan manajemen berbasis nilai Islam tersebut dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam bisa diterapkan dalam prektek bisnis dan manajemen dalam semua lini kehidapan. Hal ini bermanfaat positif bagi perorangan dan organisasi.
Downloads
References
Ali, Abbas J. 2005. Islamic Perspectives on Management and Organization. Edward Elgar Publishing. United Kingdom.
Az-Zahra, Shabrina., Qarni, Waizul., & Harianto, Budi. 2024. Implementasi Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam dalam Praktik Bisnis pada Market Place Shopee. Jambura Economic Education Journal, 6(1), p. 112-122.
Branine, Mohamed., & Pollard, David. 2010. Human Resource Management With Islamic Management Principles: A Dialectic For A Reverse Diffusion In Management. Personnel Review, 39(6), p. 712-727.
Dahlan, Abdul Azis. 1996. Ensiklopedi Hukum Islam 1. Ichtiar Baru Van Hoeve. Jakarta.
Handayani, Lilies. 2018. Nilai-Nilai Ekonomi dan Etika Bisnis dalam Prespektif Islam. El-Iqtishod : Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 2(1), p. 14-25.
Hawari, Fathi Ismail., & Fadhilllah, Nabhan. 2023. Mengintegrasikan Nilai-Nilai Agama Islam dalam Praktik Manajemen Perusahaan. Jurnal Religion ; Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(5), p. 919-928.
Heriyansyah. 2018. Perjalanan Bisnis Nabi Muhammad S.A.W. Ad-Deenar : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(02), p. 190-205.
Ishak, Amal Hayati., & Osman, Muhamad Rahimi. 2015. A Systematic Literature Review on Islamic Values Applied in Quality Management Context. Journal of Business Ethics, 138(1), p. 103-112.
Maleha, Nova Yanti. 2016. Manajemen Bisnis dalam Islam. Economica Sharia, 1(2), p. 43-53.
Pangestu, Alfin Ridho. 2024. Penerapan Nilai-nilai Syariah dalam Kewirausahaan: Solusi untuk Tantangan Bisnis Kontemporer. JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), p. 124-133.
Parakkasi, Idris. 2018. Perkembangan Ekonomi Islam Berdasarkan Sejarah, Budaya, Sosial Dan Keagamaan Di Indonesia. Tekstual, 16(1), p. 22-34.
Rice, Philip. L. 1999. Stress and Health 2nd Edition. Brooks/cole. California.
Sadeq, A. M. 2001. Islamic Ethics in Human Resource Management, Ethics in Business and Management: Islamic and Mainstream Approaches. Asean Academic Press. London.
Tinker, Tony. 2004. The Enlightenment and its Discontents: Antinomies of Christianity, Islam and The Calculative Sciences. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 17(3), p. 442–475.
Yogasara, Fadli Ahmad., & Mas’ud, Fuad. 2021. Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Praktik Manajemen Berbasis Islam (Studi Kasus Hotel Haz Syariah Semarang). DJIB : Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, 1(1), p. 54-75.



Asosiasi Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah
The Jurnal Tabarru' site and its metadata are licensed under CC BY-SA