SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MENURUT PRESPEKTIF ISLAM

Authors

  • Hamdi Agustin Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2045

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, Prespektif Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengindentifikasi sistem informasi manajemen dalam prespektif Islam. Dalam perspektif Islam terdapat sumber informasi yang selalu digunakan atau dimanfaatkan oleh manusia. Sumber Informasi tersebut terdiri dari wahyu Allah SWT berupa Al-Qur’an dan Al-Hadist yang berasal dari Nabi Muhammad SAW yang merupakan penjelasan dari Al-Qur’an. Banyak pendapat para ahli mengenai pengertian sistem informasi manajemen secara konvensional. Namun berdasarkan prespektif Islam pengertian sistem informasi manajemen adalah proses pengolahan data menjadi suatu informasi yang benar dan jujur berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadist untuk dapat digunakan dalam membuat keputusan. Terdapat perbedaan sistem informasi manajemen berdasarkan syariah dengan konvensional. Perbedaan ini terutama pada perencanaan dan pengambilan rujukan dan dasar dalam mencari sumber informasi yaitu Al-Quran dan Al-Hadist. Sedangkan sistem informasi manajemen konvensional mencari rujukan pada para ahli dan pakar dibidangnya yang semuanya berdasarkan akal fikiran mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeoti-Adekeye. 1997. The importance of management information systems. MCB Bank. Library Review, 46 (5), 318-327.
Baskerville, R.L. and Myers, M.D., 2002. Information Systems as a Reference Discipline. MIS Quarterly, 26 (1), 1–14.
Becta (2005). School Management Information Systems and Value for Money. Coventry: Becta. [Online] Available: http://www.egovmonitor.com/reports/rep12009.pdf .
Davis, Gordon B Davis. 2001. Management Information Systems : conceptual Foundation Structure and Development. PT Prenhalindo. Jakarta.
Joseph F. Kelly. 1970. Computerized Manage¬ment Information System, Macmillan. New York.
Laudon, K.C. dan Laudon, J.P. 2003. Management Information Systems: Managing the Digital Firm (Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall).
Lee, A.S., 2001. Editorial. MIS Quarterly, 25(1), iii-vii.
McLeod, Raymond. 2001. Sistem Informasi Manajemen Jilid 2 Edisi ke 7. Prenhallindo. Jakarta.
Murdick, R.G., Ross, J.E, dan Clagget, J.R. 1987. Information Systems for Modern Management. (third ed.). Prentice Hall of India. New Delhi.
Scott, G.M. 2004. Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen (terjemahan). PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Downloads

Published

2018-05-01