Factors Influencing Consumers Buying Food at Halal Restaurants Pekanbaru City

Authors

  • Utin UIN SUSKA RIAU
  • Mahendra Romus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hasbullah Hasbullah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2020.vol3(2).5894

Keywords:

Faktor Eksternal; Faktor Internal; Keputusan Membeli

Abstract

Restoran sebagai salah satu penyedia makanan dan minuman menjadi salah satu sarana bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhannya di mana salah satunya adalah konsumen muslim. Bagi konsumen muslim, perintah mengkonsumsi makanan dan minuman halal menjadi dasar dalam memenuhi setiap kebutuhan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen membeli dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sampel diambil sebanyak 100 responden menggunakan teknik accidental sampling kemudian diperoleh kesimpulan berdasarkan persamaan regresi linier berganda untuk pengaruh faktor eksternal dan faktor internal terhadap keputusan membeli adalah Y = -42.299 + 1.903X1 + 1.091X2. Faktor eksternal dengan skor rerata 80.9 masuk dalam kategori “baik” dan berpengaruh terhadap keputusan membeli berdasarkan thitung (7.898) > ttabel (1.984)  dengan uji dua pihak dan derajat bebas (df) = 98 ; ɑ = 0,05. Faktor internal dengan skor rerata 82.3 masuk dalam kategori “baik” dan berpengaruh terhadap keputusan membeli berdasarkan thitung (15.267) > ttabel (1.984). Sedangkan secara simultan faktor eksternal dan faktor internal secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan membeli karena nilai Fhitung (136.839) > Ftabel (3.090). Dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan membeli adalah faktor internal (X2) sebesar 15.267.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muchtar. (2016). Konsep Makanan Halal Dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halal. Jurnal Ahkam: XVI, (2).

Cooper, Donald R. (1996). Metodologi Penelitian Bisnis Jilid I Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

LPPOM MUI. (2015). Jurnal Halal Edisi Lengkap. Penerbit Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia. Jakarta: LPPOM MUI.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005). Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Bandung: PT Refika Aditama.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. Data Rumah Makan dan Restoran Kota Pekanbaru oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dokumen Nomor 300029192, publikasi tanggal 02 April 2019.

Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Pajak Restoran.

Rakhmat, Jalaluddin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Kencana.

----------------. (2003). Perilaku Konsumen Dalam Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Penelitian Pemasaran. Jakarta: Penerbit Kencana.

----------------. (2008). Perilaku Konsumen Dalam Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Penelitian Pemasaran. Jakarta: Penerbit Kencana.

----------------. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Penelitian Pemasaran. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sofjan, Assauri. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suharno. (2010). Marketing in Practice Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-12-31