Pengaruh Beban Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Harapan Raya Pekanbaru

Authors

  • Mhd Suleman Hsb Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prakarty Mulya
  • Fitriyanti Fitriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prakarty Mulya

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2020.vol3(1).5849

Keywords:

Beban Kerja, Produktivitas Kerja Karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Harapan Raya Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Harapan Raya Pekanbaru yang berjumlah 42 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah beban kerja dan produktivitas karyawan. Analisis data menggunakan metode regresi linear sederhana dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, R2 dan uji t. Pengujian tersebut dilakukan guna mengetahui hubungan antara variabel bebas (independen variable) dengan variabel terikat (dependent variable). Berdasarkan hasil penelitian bahwa beban kerja secara serentak berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan dengan nilai korelasi R = 0,669 yang menunjukkan adanya hubungan yang erat antara beban kerja dengan produktivitas kerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Harapan Raya Pekanbaru. Sedangkan R square di dapat 0,448 yang berarti beban kerja memiliki kontribusi sumbangan sebesar 44,8% terhadap produktivitas karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Harapan Raya Pekanbaru. Secara parsial diperoleh variable beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Harapan Raya Pekanbaru dengan persamaan regresi linear sederhana sebagai berikut : Y = 20,214 + 0,789X dengan signifikan 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Kesimpulan dari penelitian bahwa hipotesis secara parsial antara variable beban kerja terhadap produktivitas kerja karyawan terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2002). Penelitian Pendidikan, Prosedur dan Strategi Mengajar. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, A,S. (2001). Psikologi Industri Dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).
Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Kasmir. (2012). Dasar-Dasar Perbankan, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2012). Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
Sutrisno, Edy. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusby, Z., Arif, M., & Hidayatullah, A. (2020). Sistem Penilaian Prestasi Kerja pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Syari’ah Pekanbaru, Riau. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 34-43.
Tarwaka, Sholicul, LilikSudiajeng. (2004). Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja Dan Produktivitas, Surakarta: UNIBA Press.

Downloads

Published

2020-06-30