Analisis Pengaruh Pembiayaan Dan Simpanan Terhadap Pendapatan BNI Syariah Cabang Pekanbaru

Authors

  • Marina Zulfa Universitas Islam Riau
  • Vievie Ova Kurnia Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2020.vol3(1).5647

Keywords:

Pembiayaan, Simpanan, Bank Syariah, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ekonomi saat ini yang semakin pesat, yaitu dengan munculnya lembaga keuangan syariah. Bank Negara Indonesia termasuk salah satu pelopor berdiri dan berkembangnya bank syariah di Indonesia. Produk-produk BNI Syariah yang bervariasi disediakan untuk masyarakat, misalnya simpanan dan pembiayaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembiayaan dan simpanan secara parsial dan simultan terhadap pendapatan BNI Syariah. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan BNI Syariah. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dimana proses penghitungannya menggunakan SPSS for windows versi 21. Dari hasil uji-F menunjukkan bahwa dari kedua variabel bebas (pembiayaan dan simpanan) secara bersama- sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan BNI Syariah Cabang Pekanbaru. Pembiayaan dan simpanan memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap pendapatan BNI Syariah Cabang pekanbaru, ini diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar 98,5%. Kemudian terdapat kontribusi yang besar antara pembiayaan dan simpanan terhadap pendapatan BNI Syariah Cabang Pekanbaru,  hal ini diketahui dari besaran nilai koefisien determinasi yaitu sebesar 96,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguspian. (2012). Analisis Pembiayaan Mudharabah Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Burhanuddin. (2010). Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Dahlan, A. (2012). Bank Syariah Teoritik, Praktik, Kritik. Yogyakarta: Teras.
Melina, F. (2018). Pembiayaan Pinjaman Lunak Usaha Kecil Ikan Patin dengan PT. Telkom Pekanbaru Melalui Mitra Binaan Menurut Ekonomi Islam. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), 53.
Lestari, Nur Melinda. (2015). Sistem Pembiayaan Bank Syariah Berdasarkan UU No. 21 Tahun 2008. Jakarta: Grafindo
Zulfa, M. (2019). Analisis Persepsi Masyarakat Industri Kecil Terhadap Pelaksanaan Pembiayaan Bagi Hasil Bank Riau Kepri Cabang Syariah Pekanbaru. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 2(1), 1.
Rivai, Veithzal dan Andria Permata Veithzal. (2008). Islamic Financial Management. Jakarta: Grafindo.
Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin. (2010). Islamic Banking Sebuah Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusby, Z., Arif, M., & Hidayatullah, A. (2020). Sistem Penilaian Prestasi Kerja pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Syari’ah Pekanbaru, Riau. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 34-43.
Sanusi, Anwar. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sholihin, Ahmad Ifham. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: Gramedia.
Soemitra, Andri. (2010). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2020-06-30