Analisis Pengaruh Marketing Mix Dalam Peningkatan Nasabah Tabungan Shar-e Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru

Authors

  • Abdiana Ilosa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zulhaida Zulhaida Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Wenny Desty Febrian Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(2).4781

Keywords:

Marketing Mix, Tabungan Shar-e, Bank Muamalat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing mix terhadap peningkatan nasabah tabungan shar-e pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru. Variabel yang diambil penelitian ini adalah produk, harga,promosi, distribusi, orang, proses dan fisik. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru yang berjumlah 43.770 orang. Sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 orang (berdasarkan rumus Slovin. Dalam menganalisis data yang dikumpulkan digunakan metode regresi linier berganda, hasil analisis tersebut akan dianalisis dengan mengunakan bantuan program computer SPSS. Berdasarkan hasil program SPSS uji F menunjukkan bahwa nilai Sig. Hitung 0,013 < nilai Sig 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa produk,harga,promosi,distribusi,orang,fisik dan proses  secara bersama-sama berpengaruh terhadap Tabungan shar-e. Nilai koefisien Determinasi (R­­­2) sebesar 0,751 atau sebesar 75,10%,  hal ini menunjukkan bahwa ketujuh variabel bebas (produk, harga, promosi, distribusi, orang, fisik, proses) secara bersama-sama mampu menjelaskan terhadap variabel terikatnya sebesar 75,10%, sedangkan sisanya 24,9%  lagi (100-75,1) dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil program SPSS uji T nilai  Sig. produk  sebesar 0,004 < Sig. 0,05. Nilai  Sig. harga sebesar 0,011 < Sig. 0,05.  Nilai  Sig. promosi sebesar 0,012 < Sig. 0,05 . Nilai  Sig. distribusi sebesar 0,014 < Sig. 0,05.  Nilai  Sig. orang sebesar 0,016 < Sig. 0,05. Nilai Sig fisik sebesar 0,018 < sig. 0,05. Nilai Sig proses sebesar 0,023 < Sig. 0,05. Dari ketujuh variabel tersebut hanya produk yang mempunyai nilai Sig lebih kecil dari keenam variabel lainnya hal ini menunjukan bahwa produk  sangat berpengaruh terhadap Tabungan Shar-e.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Erlangga, Jakarta.
Alma, Buchari dan Huryati Ratih. (2008). Manajemen Coperate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Angipora, Marius, P. (2002). Dasar-dasar Pemasaran. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Antonio, Safi’I Muhammad. (2001). Bank Syariah dari Tiori Keperaktek. Gema Insani, Jakarta.
Ascarya. (2007). Akad dan Produk Bank Syariah. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep Dan Strategi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Basu Swasta, DH dan Iriawan. (2002). Manajemen Pemasaran Modren. Liberti, Yogyakarta.
David W. Cravens. (2002). Pemasaran Strategis. Bina Rupa Aksara, Jakarta Barat.
Ghozali, Imam. (2005). Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hamzah, Z., Arif, M., & Nisa, C. (2019). Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus: Mahasiswa Universitas Islam Riau). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 16-26.
Kartajaya, Hermawan dan Sula Syakir Muhammad. (2006). Syariah Markeing, PT. Media Pustaka, Bandung.
Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Kencana, Jakarta.
Keegon, Warren J. (2003). Manajemen Pemasaran Global. Jilid 2, PT. Indeks. Jakarta.
Kotler, Philip. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan. PT. Indeks, Jakarta.
Lamb, Hair, Mc Daniel. (2001). Pemasaran. Thomson Learning, Jakarta.
Lupiyoadi. (2001). Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Gramedia, Jakarta.
Lupiyoadi dan Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.
Maksum, Habibi. (2002). Ekonomi. Yudistira, Jakarta.
McDaniel, Carl. (2001). Riset Pemasaran Kontemporer. Grand Wijaya Center, Jakarta.
M. Taufiq, Amir. (2005). Dinamika pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Philip Kotler dan Amstrong. (2003). Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Philip Kotler dan Susanto. (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Selemba Empat, Jakarta.
_________(2002). Edisi Millenium. Prehallindo, Jakarta.
Saladin, Djamil. (2003). Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta
Sula, syakir Muhammad. (2004). Asuansi Syariah. Gema Insani, Jakarta.
Sumarni, Murti. (2002). Manajemen Pemasaran Bank. Liberty, Jogyakarta.

Downloads

Published

2019-12-31