Determinant Behavior Analysis Of Halal Food Purchases Muslim Consumers In Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(2).4738Keywords:
Consumer Behavior, Halal Food, MuslimAbstract
Potensi pasar industri halal telah mengalami pertumbuhan yang signifikan seiring dengan meningkatnya antusiasme dan kesadaran religiusitas Muslim saat ini. Mengkonsumsi produk halal tidak hanya dilihat sebagai penerapan ajaran agama, tetapi telah menjadi cara hidup dan gaya hidup bagi sebagian besar umat Islam. Kepastian kehalalan suatu produk merupakan pertimbangan penting bagi konsumen Muslim dalam keputusan pembelian, terutama yang berkaitan dengan makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumen Muslim dalam mengkonsumsi makanan halal dan faktor penentunya. Penelitian ini dilakukan di kota Pekanbaru, provinsi Riau. Sampel penelitian adalah konsumen Muslim yang melakukan pembelian makanan halal dalam kemasan, baik makanan yang bisa dimakan langsung atau makanan yang diproses terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penentu perilaku konsumen Muslim yang mengkonsumsi makanan halal didominasi oleh norma subjektif dan kontrol perilaku persepsi konsumen.
Downloads
References
Ali, Yunus. (2012). Halal Branding: A Study of Moslem Consumers Perspective. On Proceeding of The 2nd Global Islamic Marketing Conference, Abu Dhabi. pp.1-6
Asmat. Nizam Abdul, Talib and lli Salsabila Abd. Razak, “Cultivating Export Market Oriented Behavior in Halal Marketing” Konsep Strategi Pemasaran Global yang Berorientasi pada Prilaku Halal www.emeraldnsighr.com/1759-0833.htm
Asmak, A., Fatimah, S., Huzaimah, I., et al. (2015). Is our Medicine Lawful (Halal)?. Middle-East Journal of Scientific Research 23 (3): 367-373, 2015 ISSN 1990-9233. Retrieved February 23, 2018, from https://www.idosi.org/mejsr/mejsr23(3)15/1.pdf
Ensiklopedi Hukum Islam. (2006). PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta.
Halim, M. A. A., Salleh, M. M. M., et al. (2014). Halal Pharmaceuticals: Legal, Shari’ah Issues And Fatwa Of Drug, Gelatine And Alcohol. International Journal of Asian Social Science ISSN (e): 2224-4441, 2014. Retrieved February 23, 2018, from http://www.aessweb.com/pdf-files/ijass-2014-4(12)-1176-1190.pdf
Husin, N. A., Ghazali, A. S.M., et al. (2015). Halal Medicine: Do Doctors Have The True Awareness?. IJABER, Vol. 13, No. 7 (2015): 5173-5184. Retrieved February 23, 2018, from https://www.researchgate.net/ publication/302192031_Halal_medicine_Do_doctors_have_the_true_awareness
Kepastian Hukum Sertifikasi dan Labelisasi Halal Produk Pangan KN.Sufyan Hasan, Jurnal Dinamika Hukum Vol.14 No.2 Mei 2014 Univ. Sriwijaya Palembang
Mohd. Anuar Ramli, Mohammad Aizat Jamaludin, Abdul QayyumAminuddi dan Mohammad Nagib Hamdan, “Penyebaran Maklumat Palsu Berkaitan Produk Halal dan Implakasinya Terhadap Industri Halal
Muhammad Arham, “Islamic Perspectives on Marketing” Pengaplikasian marketing syariah. from www.emeraldnsighr.com/1759-0833.htm
Muhammad Nasrullah; Islamic Branding, Religiositas dan Keputusan Konsumen terhadap Produk ; Jurnal Hukum Islam (JHI), Vol.13 No.2 Desember 2015 (79-87)
Ahsin, Muhammad Sakho. (2009). Ensiklopedia Kemukjizatan Ilmiah dan Al-Quran dan Sunah. PT.Kharisma Ilmu, Jakarta.
Nur Hadiati Endah (Pusat Penelitian Ekonomi LIPI), “Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal dengan Konsumen Indonesia” , Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol.22 No.1 , 2014
Sadeeqa, Saleha., Sarriff, Azmi. (2014). Comparing KAP regarding Halal pharmaceuticals among general practitioners and hospital doctors. Journal of Applied Pharmaceutical Science Vol. 4 (10), pp. 092-096. Retrieved February 23, 2018, from http://japsonline.com/admin/php/uploads/1356_pdf.pdf
Sarriff, Azmi., Razzaq, Hadeer, A. A. (2012). Exploring the Halal Status of Cardiovascular, Endocrine, and Respiratory Group of Medications. Malays J Med Sci. Jan-Mac 2013; 20(1): 69-75. Retrieved February 23, 2018, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23785257
Syaamil Al-Qur’an. (2010). Miracle The Reference (Mudah, Sahih, Lengkap dan Komprehensif). Sygma Publishing, Bandung.