Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bergabung Di BMT Mutiara Sakinah Pekanbaru

  • zulkifli zulkifli Universitas Islam Riau
Keywords: Minat, BMT, LKS, Ekonomi Syariah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di Indonesia, salah satunya yakni dengan berdirinya Bait Al-Maal wa At-Tamwil (BMT). BMT merupakan suatu lembaga keuangan yang bersifat mikro atau kecil dengan menggunakan sistem bagi hasil yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan Allah SWT. Kesadaran masyarakat mengenai lembaga dan transaksi yang sesuai syariah kini menjadi suatu pertimbangan penting bagi pihak lembaga untuk berpacu menarik minat nasabah bergabung di BMT Mutiara Sakinah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah bergabung di BMT Mutiara Sakinah Pekanbaru dan faktor mana yang paling dominan mempengaruhinya.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah bergabung di BMT Mutiara Sakinah Pekanbaru dan faktor mana yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah tersebut. Kerangka teori dalam penelitian ini adalah bahwa faktor yang mempengaruhi minat nasabah yaitu faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis,  dan faktor bauran pemasaran jasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain kausalitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang bergabung di BMT Mutiara Sakinah Pekanbaru dari tahun 2012-2016 dengan sampel sebanyak 56 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner. Untuk menganalisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dalam menganalisis data kuantitatif digunakan analisis regresi linier berganda di mana proses penghitungannya menggunakan SPSS for Windows Versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima faktor yang mempengaruhi minat nasabah untuk bergabung di BMT Mutiara Sakinah Pekanbaru adalah faktor kebudayaan dengan nilai sebesar 1,047, faktor sosial dengan nilai sebesar -1,016, faktor pribadi dengan nilai sebesar 4,004 faktor psikologi sebesar 5,024, dan faktor bauran pemasaran jasa dengan nilai sebesar -0.485, dan dapat diketahui bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah bergabung di BMT Mutiara Sakinah Pekanbaru adalah faktor psikologis (X5) sebesar 5,024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran dan Terjemahan
Al-Hadist. (2011). Ayat-ayat dan Hadist Ekonomi Syariah. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan. PT. Raja Gravindo, Jakarta.
Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Ardianto, Ervinaro. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Jakarta.
Djaali. (2009). Psikologi Pendidikan. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Hartimbul, F. Nembah. (2011). Manajemen Pemasaran. CV. Yrama Widya, Bandung.
Hasan, Iqbal. (2010). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Huda, Nurul dan Heykal, Mohamad. (2010). Lembaga Keuangan Islam. Kencana, Jakarta.
Idri. (2015). Hadis Ekonomi dalam Perspektif Hadits Nabi. Prenadamedia, Jakarta.
Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana, Jakarta.
Janwari, Yadi. (2015). Lembaga Keuangan Syariah. Bandung.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta.
Mardani. (2014). Ayat-ayat dan Hadist Ekonomi. Rajawali Pers, Jakarta.
Muhamad. (2008), Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Raja Gravindo, Jakarta.
Nasution, Mustafa Edwin. (2010). Pengenalan Ekskludif Ekonomi Islam. Kencana, Jakarta.
Ridwuan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta, Bandung.
Rodoni, Ahmad dan Hamid, Abdul. (2008). Lembaga Keuangan Syariah. Zikrul Hakim, Jakarta.
Santoso, Singgih. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. PT. Elex Media Kompotindo, Jakarta.
Sanusi, Anwar. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat, Jakarta.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Gravindo, Jakarta.
Setiadi, J. Nugroho. (2013). Perilaku Konsumen. Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.
Sholihin, Ahmad Ifham. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Soeharno. (2007). Ekonomi Manajerial. C.V. Andi Offset. Yogyakarta.
Soemitra, Andri. (2010). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana, Jakarta.
Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. CAPS. Jakarta.
Zulkifli. (2015). Lembaga Keuangan Syariah, Pusat Kajian Pendidikan Islam FAI UIR, Pekanbaru.
Zulfa, M. (2019). Analisis Persepsi Masyarakat Industri Kecil Terhadap Pelaksanaan Pembiayaan Bagi Hasil Bank Riau Kepri Cabang Syariah Pekanbaru. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 2(1), 1-11.
Published
2019-12-31
Abstract viewed = 446 times
PDF downloaded = 243 times