Penerapan Sistem Ekonomi Islam Oleh Karyawan Pondok Pesantren Dar El Hikmah Dalam Memberikan Kontribusi Untuk Meningkatkan Amal Usaha Yayasan

Authors

  • Ficha Melina Universitas Islam Riau
  • Muhammad Arif Universitas Islam Riau
  • Winda Hasta Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(2).4716

Keywords:

Sistem Ekonomi Islam, Kontribusi, Amal Usaha Yayasan

Abstract

Penelitian ini ditulis berdasarkan asumsi bahwa kemajuan ekonomi Islam sangat dipengaruhi oleh tingkat kesadaran masyarakat muslim sebagai subjek utama dalam perputaran roda perekonomian Islam, baik menyangkut transaksi, produksi, konsumsi dan aktivitas-aktivitas perekonomian lainnya yang dapat mendatangkan nilai profit bagi masyarakat itu sendiri ke arah hidup yang  lebih  layak dan sejahtera. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kontribusi karyawan pondok pesantren Dar El Hikmah dalam meningkatkan Amal Usaha Yayasan , apa saja kendala yang dihadapi karyawan pondok pesantren Dar El Hikmah dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan amal usaha yayasan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kontribusi karyawan pondok pesantren Dar El Hikmah dalam meningkatkan amal usaha yayasan, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh karyawan pondok pesantren Dar El Hikmah dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan amal usaha yayasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Dar El Hikmah, Jl. Manyar sakti Km.12, kecamatan Tampan Provinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap yang berada di dalam lingkungan pondok pesantren Dar El Hikmah yang berjumlah 150 orang, dan sampel dalam penelitian ini sejumlah 30 orang dengan cara pengambilan menetapkan 20 % dari subyeknya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kontribusi oleh karyawan pondok pesantren Dar El Hikmah dalam meningkatkan amal usaha yayasan belum diterapkan dengan baik, hal ini disebabkan kurangnya kesadaran dan pengetahuan karyawan dalam sistem ekonomi Islam. Mereka lebih mengenal sistem konvensional yang beredar selama ini dan karena minimnya bantuan untuk karyawan dalam menjalankan sistem ekonomi Islam yang terdapat didalam Pondok Pesantren Dar El Hikmah tersebut. Saran penulis agar karyawan pondok pesantren Dar El Hikmah lebih memperdalam pengetahuan mereka tentang perbedaan sistem ekonomi Islam dengan ekonomi konvensional dalam melaksanakan penerapan sistem ekonomi Islam dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan amal usaha yayasan. Serta karyawan harus lebih mengutamakan pengembangan usaha yang telah dikelola ataupun yang telah disediakan oleh yayasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Abdul. (2008). Ekonomi Islam Analisis Mikro dan Makro. Candi Gerbang Permai, Cet. Ke-1, Yogyakarta.
Ahmad, S. Pendidikan Kemandirian dalam Islam. Journal Sport Area, 1(2), 59-67.
Al Arif, M.Nur Rianto. (2010). Teori Mikro Ekonomi (Suatu Perbandingan Ekonomi Islam Dan Ekonomi Konvensional). Kencana, cet. Ke-1, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta, cet ke-13, Jakarta.
Chaudhry, Muhammad Sharif. (2012). Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar. Kencana, Cet-1, Jakarta.
Dany, H. (2006). Kamus Ilmiah Populer. Gita Media press, Surabaya.
Guritno, T. (1992). Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Kamus Ekonomi. Cet. Ke-11, Jakarta.
Hakim, Lukman, Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam, Erlangga: PT. Gelora Aksara Pratama, Cet. Ke-3.
Karim, Adhiwarman A. (2001). Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer. Gema Insani Press, Cet. Ke-1, Jakarta.
Mujahidin, Akhmad. (2014). Ekonomi Islam 2. Al-Mujtahadah Press, cet ke-1, Pekanbaru.
Mawardi. (2007). Ekonomi Islam. Alaf Riau, Pekanbaru.
Melina, F. (2018). Pembiayaan Pinjaman Lunak Usaha Kecil Ikan Patin dengan PT. Telkom Pekanbaru Melalui Mitra Binaan Menurut Ekonomi Islam. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), 53-62.
Nasution, dkk. (2006). Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Kencana, cet ke-2, Jakarta.
Naqvi, Syed Nawab Haider. (2003). Menggagas Ilmu Ekonomi Islam,, Pustaka Bleajar, Cet ke-1, Yogyakarta.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI). (2008). Ekonomi Islam. PT.Raja Grafindo Persada, Cet.ke-1, Jakarta.
Said HM, Muh. (2008). Pengantar Ekonomi Islam Dasar-dasar dan Pengembangan. Suska Press, Cet. Ke-1, Pekanbaru.
Sholahuddin, M. (2007). Asas-Asas Ekonomi Islam. PT. Raja Grafindo Persada, Cet. Ke-1, Jakarta.
Zulfa, M. (2019). Analisis Persepsi Masyarakat Industri Kecil Terhadap Pelaksanaan Pembiayaan Bagi Hasil Bank Riau Kepri Cabang Syariah Pekanbaru. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 2(1), 1-11.
http://dilihatya.com/1741/pengertian-usaha-menurut-para-ahli
http://matakristal.com/pengertian-usaha-perusahaan-dan-badan-usaha/

Downloads

Published

2019-12-31