Realisasi Corporate Social Responsibility: Sebuah Tinjauan Distribusi Pendapatan dalam Islam (Studi Kasus: PT. Pertamina (persero) RU II Dumai)

  • Risman Hambali Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
  • Nurul Huda Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Keywords: Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Distribusi Pendapatan

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan/Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan satu dari beberapa tanggung jawab perusahaan kepada pemangku kepentingan (stakeholders). Tanggung jawab sosial perusahaan juga merupakan kewajiban perusahaan untuk perumusan kebijakan, mengambil keputusan dan melaksanakan tindakan yang memberikan manfaat kepada masyarakat.  Pentingnya distribusi harta kekayaan dalam ekonomi Islam tidak berarti tidak memperhatikan keuntungan yang diperoleh dari produksi. Maka dalam distribusi, Islam telah membuat beberapa prinsip dasarnya, yaitu sebagai berikut; 1) Prinsip keadilan atau pemerataan, 2) Prinsip persaudaraan atau kasih sayang, 3) Prinsip jaminan sosial.  Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mengidentifikasi dan menganalisa dampak CSR PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai periode 2011-2015 terhadap masyarakat. 2) Menganalisa kesesuaian antara informasi terkait dengan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai periode 2011-2015 dengan konsep dan karakteristik realisasi CSR berdasarkan distribusi pendapatan dalam Islam.  Realisasi Corporate Social Responsibility/CSR Pertamina (Persero) RU II Dumai dalam Tinjauan Distribusi Pendapaatan dalam Islam sebagai berikut: 1). Realisasi CSR Pertamina Dumai berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat. 2). Informasi-inforrmasi terkait dengan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh Pertamina Dumai periode 2011-2015 tidak sepenuhnya sesuai dengan konsep dan karakteristik realisasi CSR berdasarkan distribusi pendapatan dalam Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Mujahidin, “Ekonomi Islam; Sejarah, Konsep, Instrumen, Negara dan Pasar”, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014, 2014
Akhmad Mujahidin, “Ekonomi Islam 2 (Pasar, Perdagangan, Manajemen, Produksi, Konsumsi, Institusi Keuangan dan Kontribusi)”, (Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press, 2014
Darmawati, “Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Islam”, Jurnal, Mazahib, Vol. XIII, No. 2, Desember 2014.
M. Faroid dan Kholid Murtadlo, “Pengaruh Penetapan CSR terhadap Citra Perusahaan PT. Tirta Investama Kebon Candi pada Masyarakat Desa.
Published
2019-06-30
Abstract viewed = 701 times
PDF downloaded = 502 times