Strategi Pengembangan Wisata Syariah di Sumatera Barat : Analisis Swot (Strength, Weakness, Opportunity, Threath

Authors

  • Rimet Rimet Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3702

Keywords:

Wisata Syariah, Halal, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan wisata syariah di Sumatera Barat dengan menggunakan analisis SWOT. Lokasi penelitian adalah di Sumatera Barat dan objek penelitian ini adalah pemerintah daerah Sumatera Barat yaitu Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Analisis data menggunakan analisis model SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa stretegi pengembangan wisata syariah di Sumatera Barat adalah menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan, diimplementasikan melalui suatu Gerakan terpadu pengembangan kepariwisataan, Rapat-Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Stakeholder terkait, kesepakatan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota menjadikan Sumatera Barat sebagai Destinasi Wista Halal, terpilihnya  Sumbar sebagai Destinasi Halal Terbaik Nasional, terpilihnya Sumbar sebagai Destinasi Kuliner Halal Terbaik Nasional, terpilihnya Sumbar sebagai World’s Best Halal Destination, terpilihnya Sumbar sebagai World’s Best Halal  Culinary Destination, Sosialisasi Wisata Halal bagi Stackholder Pariwisata, memberikan  subsidi untuk pengurusan Sertifikasi Halal untuk industri  (rumah makan/restoran), menyusun Ranperda Pariwisata Halal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Muhammad. 2018. Analisis Rekrutmen dan Penempatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Oase. Jurnal Al-Hikmah: Vol. 15 (1): 42-63.
Arif, M. (2019). The Effect of Managerial Competencies, Compesation and Career Planning Toward Employee Performance Through Job Satisfaction at PT. Bank BTPN Tbk Mikro Banking Division (MUR) Pekanbaru Branch. Journal of Management Info, 6(1), 17-21.
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya : Airlangga University Press. 2004
Fahad Salim Bahammam, Panduan Wisatawan Muslim. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar. 2012
Hamzah, Maulana. M dan Yudiana, Yudi. Analisis Komparatif Potensi Industri Halal dalam Wisata Syariah dengan Konvensional. 2015
Global Muslim Travel Index (GMTI). 2016.
Kempar. Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurut Pintu Masuk dan Kebangsaan. Jakarta : Kementerian Pariwisata. 2015
Kotler, Philip, dan Kevin L. Keller. Manajemen Pemasaran jilid 1. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Edisi Ketiga Belas. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga. 2009
Kotler, Philip, dan Kevin L. Keller. Manajemen Pemasaran jilid 2. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Edisi Ketiga Belas. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga. 2009
Kuncoro, Mudjarad, Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogjakarta : IPD STIM YKPN. 2007
Moleong, Lexy.J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya. 2005
Narbuko, Chalil, Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta : Penerbit Bumi Askara, 2004
Sarwono, J. Statistik Itu Mudah. Yogyakarta : CV Andi Offset. 2009
Setiadi. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. 2005
Sofyan, Riyanto. Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta : Republika. 2012
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta 2005
Suharso, Puguh, Model Analisis Kuantitatif. Jakarta : Indeks. 2010
Unggul Priyadi, Pariwisata Syariah-Prospek dan Perkembangan. UPP STIM YKPN. Yogyakarta. 2016

Downloads

Published

2019-06-30