Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pada Pt Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru

Authors

  • Wenny Desty Febrian Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3701

Abstract

Salah satu perbankan syariah yang ada di Riau umumnya dan di Pekanbaru khususnya yaitu PT. Bank Riau Kepri Syariah. Secara resmi PT. Bank Riau Kepri Syariah  Pekanbaru beroperasi di pusat kota Pekanbaru, yakni di Jl. Sudirman Pekanbaru. Dalam kegiatan usahanya PT. Bank Riau Kepri Syariah memiliki jenis simpanan seperti tabungan IB Sinar dan tabungan Umrah dan Haji. Secara parsial hasil penelitian ini terlihat nilai sig pada TBO adalah 0,130. Nilai sig lebih besar dari nilai probabilitas 0,050, atau nilai 0,130 > 0,05, maka H1 ditolak dan Ho diterima. Variabel X1 mempunyai thitung yakni 1,529 dengan ttabel=1,989. Jadi thitung < ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X1 tidak memiliki kontribusi terhadap Y atau TKK tidak berpengaruh signifikan terhadap TKI (Y). Untuk variabel Kepemimpinan (X2) Terhadap Kinerja (Y) terlihat nilai sig pada TK adalah 0,000. Nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,050, atau nilai 0,000 < 0,05, maka H2 diterima dan Ho ditolak. Variabel X2 mempunyai thitung  yakni 5,504 dengan ttabel=1,989. Jadi thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X2 memiliki kontribusi terhadap Y atau TK berpengaruh signifikan terhadap TKI (Y). Untuk variabel Kepuasan Kerja (X3) Terhadap Kinerja (Y) terlihat nilai sig pada TKK adalah 0,047. Nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,050, atau nilai 0,047 < 0,05, maka H3 diterima dan Ho ditolak. Variabel X3 mempunyai thitung  yakni 2,022 dengan ttabel=1,989. Jadi thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X3 memiliki kontribusi terhadap Y atau TKK berpengaruh signifikan terhadap TKI (Y). Sedangkan secara simultan/keseluruhan nilai F tabel dengan tingkat signifikan α = 5% dan Degrees of Freedom (df) sebesar 3; 81 adalah sebesar 2,717. Dari tabel diperoleh nilai Fhitung sebesar 25,294 dengan nilai probabilitas (sig)=0,000. Nilai Fhitung (25,294) > Ftabel (2,717), dan nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000 < 0,05 maka keputusan yang dapat diambil adalah Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima, berarti variabel TBO (X1), TK (X2), dan TKK (X3), secara keseluruhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel TKI (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Sobirin, “Budaya : Sumber Kekuatan Sekaligus Kelemahan Organisasi”. Jurnal Siasat Bisnis, No.7, Vol. 1, Hal. 1-20. 2002.
Arif, Muhammad. 2018. Analisis Rekrutmen dan Penempatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Oase. Jurnal Al-Hikmah: Vol. 15 (1): 42-63.
Arif, M. (2019). The Effect of Managerial Competencies, Compesation and Career Planning Toward Employee Performance Through Job Satisfaction at PT. Bank BTPN Tbk Mikro Banking Division (MUR) Pekanbaru Branch. Journal of Management Info, 6(1), 17-21.
Andreas Budihardjo, “Peranan Budaya Perusahaan : Suatu Pendekatan Sistematik dalam Mengelola Perusahaan”. Jurnal Manajemen Prasetya Mulya, Mei, Vol. VIII, No. 14. 2003
Burns J. M., Leadership, New York: Harper & Row. 1978
Daulatram B. Lund, “Organizational Culture ang Job Satisfaction”, Journal of Business and Industrial Marketing , Vol. 18, No. 3. 2003
Davis S., Managing Corporate Culture, Cambridge, MA: Belinger. 1984
Denison, Cooporate Culture and Organizational Effectiveness, New York, Willey. 1990
Fuad Mas’ud, Survai Diagnosis Organisasional : Konsep dan Aplikasi, Badan Penerbit UNDIP, Semarang. 2004
Gibson J. H., Ivancevich J. M. & Donnally Jr. J. H., Organization: Behaviour, Stucture, Processes, Homeword III: Richard D. Irwin, Inc. Golberg C.B., dan Waldman D.A., 2000,“Modelling Employee Absenteeism : Testing Alternative Measures Medating Effecs Based on Job Satisfaction”, Journal of Organizational Behavior, 21 (6) : 665 676, 1991
Hersey P, & Blachard K. H., “Life Cycle Theory of Leadership”, Training and Development Journal, 23(2), 26-34, 1969
Hofstede G., Neuijen B., Ohayu D. dan Sander G., “Measuring Organizational Cultures : A Qualitative Study Across Twenty Cases”, Adminitrative Science Quarterly, 35 : 285 –316, 1990
Locke E. A., “Job Satisfaction and Job Performance: a Theorytical Analysis”, Organization Behavior and Human Performance, Vol.5, p.484-500, 1970
Luthans F., Organizational Behavioural, 7th Edition, McGraw-Hill, New York, 1992
Martin J., Cultures in Organizations: Three Perspective, Oxford University Press, London, 1992
O’ Reilly III C. A., Chatman J. Caldwell D. F., “People and Organizational Culture: A Profile Comparison Approach to Assesing Person – Organization Fit”, Academy of Management Journal, Vol. 34, 3, p.487-516, 1991
Payamta, “Gaya Kepemimpinan : Perkembangan dan Kepemimpinan Dalam Era Global”, Telaah , September No. 13, 2003
Peterson D. E., & J. Hillkirk, A Better Idea: Redefining The Way American Companies Work, Boston: Houghton-Mifflin, 1941
Petty M. M, G. W. McGee, & J. W. Cavender, “A Meta-Analysis of The Relationship between Individual Performance”, Academy of Management Review 9(4): 712-21, 1984
Robbins S. P., Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi, edisi kedelapan versi Bahasa Indonesia, Jilid 1 & 2, PT Prenhallindo, Jakarta. Roueche J. E. Baker G. A. III, & Rose R. R., 1989

Downloads

Published

2019-06-30