Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM IntanCake’s
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12965Keywords:
Desain Produk, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada UMKM IntanCake’s. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Pengambilan data dilakukan dalam bentuk kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan software SmartPLS 3. for Windows. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel desain produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada UMKM IntanCake’s, Dibuktikan nilai t-value sebesar 14.294 > 2.25 dengan nilai p-value sebesar 0.000 < 0.05. Dan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel promosi (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai t-value sebesar 4.300 > 2.25 dengan nilai p-value sebesar 0.000 < 0.05. Hasil Koefisien determinasi (R²) diperoleh nilai koefisien sebesar sebesar 85,5 % dan 14,5 % di deskripsikan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini yaitu ukuran sampel yang relatif kecil, serta faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Downloads
References
Aditya, D., Tamonsang, M., Suhariadi, F., & Hartini, S. (2022). Analisis Pengaruh Hubungan antara Value Co-creation Terhadap Perilaku Word of Mouth Konsumen Muslim di Indonesia Penggunaan Jasa Telemedicine. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2593–2602.
Amalita, R., & Rahma, T. I. F. (2022). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Facebook Pada Mahasiswa/I Uinsu Dengan Structural Equation Modeling. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 9(2), 593–604.
Deatami, N. M., & Khasanah, I. (2019). Analisis Pengaruh Iklan Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada konsumen Sariayu di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 8(4), 141–151.
Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen. Journal of Business and Banking, 10(1), 91.
Infante, A., & Mardikaningsih, R. (2022). The Potential of Social Media as a Means of Online Business Promotion. Journal of Social Science Studies (JOS3), 2(2), 45–49.
Irda, Rosha, Z., & Titipan, W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Perak Di Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(2), 44–52.
Sahara, Iwan, N., Adi Prakoso, F., Pemasaran, M., Ekonomi dan Bisnis, F., Muhammadiyah Jakarta Jl Ahmad Dahlan, U. K., & Jakarta Selatan, C. (2020). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) Journal Homepage Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1177, 1–11.
HAMALI, A. Y., & Anggriani, N. L. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada PT Tata Pusaka Sentosa Textile Mills Bandung. YUME: Journal of Management, 3(1).
Hamzah, Z., Arif, M., & Nisa, C. (2019). Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus: Mahasiswa Universitas Islam Riau). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 16-26.
Maindoka, L. F., Tumbel, A., & Rondonuwu, C. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada Pt.Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1518–1527.
Nadia, N. (2022). Pengaruh Desain Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk RC Feat RB Bordir. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3393-3397.
Nawangsari, S., & Pramesti, W. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia.com). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(3), 385–394.
Nurmiati, N., Ibrahim, M. B. H., Irawan, A., & Husen, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Vario Di Kota Jayapura. The Journal of Business and Management Research, 3(1), 319-335.
Putri, F. P., & Sisilia, K. (2021). Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Iphone 11. eProceedings of Management, 8(5).
Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2020). Pengaruh atmosphere store, desain produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian (Studi kasus di rown division Surakarta). Journal Of Management, Business And Education, 7(2), 143-152.
Rahayu, T. S. M., & Handayani, R. (2023). Pengaruh Label Halal, Promosi Di Media Sosial, Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Di Cilacap. Derivatif: Jurnal Manajemen, 17(1), 64-76.
Rasta, J., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2023). Dampak Korean celebrity endorsement terhadap penjualan produk di e-commerce Indonesia. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 3(1), 7–9.
Riadi, M., Kamase, J., & Mapparenta, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota (Studi Kasus Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin). Journal of Management Science (JMS), 2(1), 41–60.
Silva, P. M. (2017). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(3), 352–357.
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2022). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Produk Bagi Pengguna Tokopedia Pada Mahasiswa/I Uinsu). 975 Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 9(3), 975–985.
Sriningsih, N. W., & Patrikha, F. D. (2020). Strategi Promosi Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Moderasi Kepercayaan Di Marketplace Shoppe. Tata Niaga (JPTN), 6(3), 3–6.
Supriyatna, Y. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon). Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 6(1), 36-50.
Sutiyem, Ravelby, T. A., & Trismiyanti, D. (2019). Pengaruh desain produk dan harga terhadap minat beli konsumen mebel jati jepara pada Toko Usaha Baru Furniture di Lubuk Alung. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 8(2), 66–72.
Tabelessy, W. (2021). Pengaruh Desain Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Rumahan Buket Bunga Victoria di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 89–97.
Thoibah, W., Arif, M., & Harahap, R. D. (2022). Implementasi Green Marketing Pada UMKM Upaya Memasuki Pasar Internasional (Studi Kasus pada Creabrush Indonesia). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 2(3), 798–805.