Pengaruh Kualitas Produk dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Samyang Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Annisa Jati Utami Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Irmayanti Hasan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12947

Keywords:

Kualitas Produk, Label Halal, Keputusan Pembelian, Minat Beli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat isu kualitas dan labelisasi halal yang berdampak pada perhatian konsumen dan dapat mengarah pada keputusan pembelian produk Samyang. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan desain penelitian kuantitatif dan desain kausalitas. Demografi penelitian ini terdiri dari seluruh mahasiswa Kota Malang yang menggunakan produk Samyang. Purposive sampling akan digunakan untuk memilih hingga 200 responden berdasarkan hasil perhitungan sampel. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan mediasi SEM-PLS dan pengolahan data menggunakan perangkat lunak Warp PLS (Partial Least Square) versi 3.0. Temuan mengungkapkan bahwa Kualitas Produk (X1) dan Label Halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Z), Kualitas Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Label Halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), dan Minat Beli (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kesimpulannya adalah pelanggan produk mie instan Samyang memberikan nilai yang tinggi terhadap kualitas dan label halal sebelum melakukan pembelian barang tersebut. Keterbatasan penelitian ini karena waktu penelitian, tenaga, dan kemampuan peneliti yang menyebabkan tidak dapat menggunakan sampel mahasiswa yang mengkonsumsi mie Samyang di seluruh Universitas yang ada di Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Andriani. (2022). Pengaruh Sistem Pembayaran COD, Gratis Ongkir dan Review Pembeli terhadap Minat Beli Produk Baju di Lazada.(The Effect of the COD Payment System, Free Shipping and Buyer Reviews on Interest in Buying Clothing Products on Lazada). In Skripsi. UNTAG Surabaya.

Anisa, N. R. (2021). Pengaruh Label Halal dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang (Survei Online Pada Pengikut Instagram @Safiindonesia). Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2138–2146.

Asnawi, & Masyhuri. (2011). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang : UIN-Malang Press.

Assael, H. (2004). Consumers Behavior and Marketing Action (3 ed.). Boston : Publishing, Cincinatti, OH.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.

Fauzan, A., & Rohman, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal EKOBIS: Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 9(2), 104-113.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Edisi 5 (5 ed.). Semarang : Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Semarang : Badan Penerbit - Undip.

Iltiham, M. F., & Nizar, M. (2020). Pengaruh label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), harga pada oleh-oleh makanan khas Pasuruan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 311-326.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (13 ed.). Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., Bowen, J., & Makens, J. (2014). Marketing for hospitality and tourism (5 edition.). Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15 ed.). Pearson Education: Boston.

Malhotra, N. (1993). Riset Pemasaran. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia.

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen: Analisis Labelisasi Halal terhadap Kualitas Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di Bekasi). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(3), 554-570.

Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Gramedia Pustaka Utama.

Rizky, M., & Slamet, G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Label Halal Terhadap Pembelian Konsumen Pada Kosmetik Wardah Di Kartasura. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 20(2), 137–144.

Sari, V. L. (2021) Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Bella Square (Studi Kasus pada Mahasiswi Perbankan Syari’ah IAIN Kediri). Skripsi: IAIN Kediri.

Schiffman, & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (7 ed.). Prentice Hall.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 8(1), 21-34.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (3 ed.). Jakarta : Andi Offset.

Widyaningrum, P. W. (2017). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wardah di Ponorogo). JESI: Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 6(2), 83-98.

Downloads

Published

2023-06-30