Pengaruh Brand Trust dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Azarine yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen

Authors

  • Nur Rahmawati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Irmayanti Hasan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12922

Keywords:

Brand Trust, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Perusahaan manufaktur dituntut untuk menghasilkan produk yang dapat memuaskan pelanggan agar nantinya dapat mengubah pembeli menjadi pelanggan tetap atau loyal karena pasar yang semakin berkembang dan kompetitif. Faktor brand trust dan kualitas produk dapat menjadi penyebab timbulnya kepuasan bagi pelanggan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa/i Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang yang menggunakan produk skincare azarine. Sampel yang digunkaan sebanyak 130 responden, dengan teknik purposive sampling & accidental sampling dalam pengambilan sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menerapkan model persamaan struktural (SEM) dan uji mediasi memakai rumus statistik upsilon v. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam taraf moderat, kepuasan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh brand trust. Kualitas Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam taraf sangat tinggi. Brand trust berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan berpengaruh rendah. Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen secara signifikan memediasi hubungan antara brand trust dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk azarine. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu ukuran sampel yang relatif kecil dimana responden hanya tergolong generasi Z, selain itu terbatas pada waktu dan tempat penelitian.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Surabaya : CV. Andi Offset.

Akbar, M. F., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 29–39.

Andarini, A., & Fhitri, N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Sabun PKS ( Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Warga Desa Pematang Sei Baru ). Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES), 32–39.

Arif, M., & Syahputri, A. (2021). The Influence of Brand Image and Product Quality on Customer Loyalty with Consumer Satisfaction as a Intervening Variable at Home Industry. Journal of International Conference Proceedings (JICP), 4(2), 398–412.

Azizah, B. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Bank Syariah di Kota Malang [UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6970

Caturani, E., Suseno, Y. D., & Widajanti, E. (2019). Analisis pengaruh kepercayaan merk terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada konsumen retno skin caredi surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 13(1).

Compas.com. (2022). 10 Top Brand Sunscreen Lokal Terlaris 2022, Tidak Takut Matahari Lagi! - Compas. Diunduh dari: https://compas.co.id/article/10-top-brand-sunscreen-lokal-terlaris-2022/ tanggal 23 Oktober 2022.

Febriani, E., Rahmizal, M., & Aswan, K. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 4(4), 328–339.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. (ed.2). Semarang : Universitas Diponegoro.

Hair, J. ., Risher, J. ., Sarstedt, M., & Ringle, C. . (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24.

Hajar, I. (1996). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Surabaya : Raja Grafindo Persada.

Hartanto, A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di De Mandailing Cafe Surabaya. Journal Agora, Vol 7, No(1), 1–6.

Hasan, A. (2008). MARKETING. Jakarta : Media Utama.

Khumaira. (2018). Hubungan antara Harga Diri, Citra Tubuh, dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Konsumen Klinik Perawatan Kecantikan. [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/67491

Kotler,P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. (ed.13). Jakarta : Erlangga.

Kotler, & Armstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (ed 12). Jakarta: Erlangga.

Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2021). KONSEP DASAR: Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan SmartPLS. Semarang: Pascal Books.

Nauly, C., & Saryadi. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen J.CO Donuts & Coffee Java SuperMall Kota Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, X(2), 974.

Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90-108.

Nuridin, S. E. (2018). Effect of service quality and quality of products to customer loyalty with customer satisfaction as intervening variable in PT. nano coating Indonesia. International Journal of Business and Applied Social Science (IJBASS) VOL, 4.

Ogbeibu, S., Jabbour, C. J. C., Gaskin, J., Senadjki, A., & Hughes, M. (2021). Leveraging STARA competencies and green creativity to boost green organisational innovative evidence: A praxis for sustainable development. Business Strategy and the Environment, 30(5), 2421–2440.

Putra. (2020, Mei). Indiemarket News. Diunduh dari: https://indiemarket.news/menilik-kesuksesan-eksistensi-azarine-cosmetic-di-tangan-cella-vanessa/ tanggal 15 Februari 2023

Rahayu, S. (2021). Strategi Meningkatkan Loyalitas Sikap Dan Loyalitas Pembelian. Surabaya : Alfabet

Sitorus, S. A., Romli, N. A., & Putri, S. E. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. Yogyakarta : CV. Media Sains Indonesia.

Sarstedt, M., Hair, J. ., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2017). Advanced Issues in Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Los Angeles : SAGE Publication.

Tjiptono, F, & Chandra G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Surabaya : Andi Offset.

Trisnawati, M. N., Sume, S. A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kerudung Rabbani di Bogor. Manager : Jurnal Ilmu manajemen, 3(2), 171.

Wong, K. K. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Journal Marketing Bulletin. 43 (1),12-40

Yamin, S. (2021). Olah Data Statistik: Smartpls 3, Amos & Stata (Mudah & Praktis). Depok : PT Dewangga Energi Internasionnal.

Downloads

Published

2023-06-30