Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 11P Pada UMKM Tenis (Teh Nikmat Sidamanik)

Authors

  • Tasya Yustika Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tuti Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmat Daim Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12915

Keywords:

Bauran Pemasaran, Teh Nikmat Sidamanik, UMKM

Abstract

Tenis (Teh Nikmat Sidamanik) adalah salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menghasilkan produk teh khas Sidamanik yang dikemas secara modern untuk menarik minat konsumen dan mengenalkan cita rasa teh khas Sidamanik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  implementasi bauran pemasaran 11P UMKM Tenis dalam  mengembangkan dan meningkatkan penjualan  produknya dan  mengetahui faktor pendorong dan penghambat dari penerapan bauran pemasaran 11P. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis data model interaktif, uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Penelitian menunjukkan hasil bahwa UMKM Tenis menerapkan strategi bauran pemasaran 11P dalam meningkatkan penjualan akan tetapi masih terdapat penerapan bauran pemasaran yang masih kurang efektif. Adapun faktor penghambat dalam implementasi bauran pemasaran 11P pada UMKM Tenis  yaitu dari faktor Place, Promotion dan Process dan faktor pendukung yaitu dari faktor Product, Price, People, Physical Evidence, Packaging, Promise, Programming, and Partnership. Faktor-faktor yang terdapat pada penelitian ini masih terbatas, sehingga di penelitian selanjutnya peneliti lain diharapkan mampu mengkaji lebih luas tentang bauran pemasaran dengan teknik yang berbeda secara rinci dan kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM Di Indonesia. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Anastasia, M., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking And Finance, 4(2), 431–444.

Andriyanto, L., Syamsiar, S., Widowati, I., Agribisnis, P. S., & Pertanian, F. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26–38.

Anggraini, A., Aulia, N., Nurjannah, & Zainarti. (2023). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Singkong Di Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1).

Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital Di Kota Medan. Visa : Journal Of Visions And Ideas, 1(2), 188–194.

D, F. (2021). Successful Product Design And Management Toolkit. Wiley India Pvt. Ltd.

Fuadi, A. (2018). Pengaruh Partnership Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Pt. Servitama Internusa. Jom Feb, 1(1), 1–15.

Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7p Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 72–83.

Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., & Chandrayanti, T., Wisataone, V., Wardhana, A., Sinaga, R., & Hilal, N. (2021). Manajemen Pemasaran. In Manajemen Pemasaran: Dasar Dan Konsep (June). Cv. Media Sains Indonesia.

Hamzah, Z., Arif, M., & Nisa, C. (2019). Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus: Mahasiswa Universitas Islam Riau). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 16-26.

Irawan, F. (2022). Pelatihan Branding Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran Pada Produk UMKM Desa Karangjati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap. 1(1).

Karundeng, Thessa Natasyamandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2018). Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di Cv. Karya Abadi, Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1748–1757.

Kementerian Agama RI. (2022). Janji. Online At.Https://Kemenag.Go.Id/Khonghucu/Janji-Buvmy8

Kementerian Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah. (2009). Pedoman Standar Kelayakan Kemasan Produk UMKM.

Maisah, Mahdayeni, Maryam, & Roihan Alhaddad, M. (2020). Penerapan 7p Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi. Jemsi (Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi), 1(4), 325–333.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Medis Sains Indonesia.

Nasya, Fatwa Hadi, A., Anggraini, T., & Syahriza, R. (2022). Analysis Of Marketing Strategy To Attract Shopping Interest ( Case Study Of Online Alma Shop , Jalan Jawa , Pematangsiantar City ) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Belanja ( Studi Kasus Toko Sedekah Online , Jalan Jawa , Kota Pematangsiantar. Jurnal Emak (Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan), 3(4), 1293–1304.

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) 7p Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 119–127.

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jaakfe Untan (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2).

Zahra, A., Munthe, I. H. N., Rozi, Y. F., Miranda, & Nurbaiti. (2022). Peluang Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pemasaran Ekonomi Digital Di Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (Jikem), 2(2), 5169–5176.

Zulfa, I., & Hariyani, T. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran 7p Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ukm Ampuh Di Kabupaten Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 299–314.

Downloads

Published

2023-06-30