Pengaruh Suasana Cafe, Harga, Variasi Menu Terhadap Minat Kunjungan Konsumen (Studi Kasus: Dbest Cafe Tuamang)

Authors

  • Grace Amalia Tondang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Lathief Ilhamy Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Budi Dharma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12913

Keywords:

Suasana Cafe, Harga, Variasi Menu, Perilaku Konsumen

Abstract

Cafe merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi di kalangan masyarakat dari remaja hingga dewasa, masyarakat dalam mengunjungi suatu cafe umumnya memiliki faktor atau alasan tertentu, misalnya suasana, kenyamanan, kebersihan, harga yang terjangkau serta variasi menu yang beragam dan up to date. Hal ini sejalan dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh suasana cafe, harga, dan variasi menu terhadap minat konsumen berkunjung ke Dbest Cafe Tuamang Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei dengan 120 responen dengan rentang usia 17-50 tahun, dimana data dikumpulkan dari responden melalui kuesioner dan menggunakan rumus lemeshow dalam penentuan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel suasana cafe, harga berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variasi menu berpengaruh namun tidak signifikan hal ini terjadi karena variasi menu yeng beragam tidak menjadi faktor yang mempengaruhi kunjungan di Dbest cafe. Hal ini terjadi karena dalam menentukan kunjungannya konsumen  lebih mementingkan suasana yang nyaman, pencahayaan yang baik dan harga yang bersaing serta terjangkau merupakan faktor konsumen dalam menentukan kunjungannya. Pada penelitian ini memiliki populasi sampel yang digunakan terbatas, sehingga penelitian selanjutnya agar memperluas cakupan penelitian untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), 68-78.

Budiman, H., Wasito, S. E., & MSIE, P. I. (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Teras Bekamin Cafe And Resto (Doctoral dissertation, Perpustakaan FEB-UNPAS BANDUNG).

Dharma, B. Aisah, M, N. M. K. S. S. (2022). Analisis Fitur Pengguna Shopee Paylater Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Mahasiswa Manajemen Kelas VllC, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)Vol. 3, 1028–1039.

Astuti, F., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2019). Pengaruh Variasi Menu dan Cita Rasa, Persepsi Harga, Kebersihan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Duta Minang Jl. Brigjen Katamso. Manajemen Dewantara, 3(1), 151-160.

Hasbi, M. Z. N., & Widayanti, I. (2021). Analysis of Ijarah Contract Service Innovations in Sharia Banking Transactions. 282–290.

Julia, S., & Kamilah, K. (2023). Pengaruh Iklan Tiktok, Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 63-68.

Kurnain, R. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Fruts Cafe Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1279-1285.

Makarim, I. A., & Pradana, B. I. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital, Word Of Mouth, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(1), 139-146.

Malelak, M. I., Memarista, G., & Anastasia, N. (2018). Pengaruh faktor demografi terhadap perilaku penggunaan kartu kredit. Jurnal Inovasi & Bisnis (Inovbiz), 4(2), 172-188.

Nafi’Hasbi, M. Z.. (2019). Dampak Krisis Keuangan Global Terhadap Perbankan Di Indonesia. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 13(2), 385–400.

Mathematics, A. (2016). Analisa Karaktefflsttk Demo Graft Dan Persepsi Nilai Konsumen Yang Mendtskriminasi Keputusan Konsumen Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Dalam Memilifi Tempat Berbelanja Di Wilayaii Sub Urban Bekasi. XVIII, 1–23.

Mentari, A., & Armia, S. (2016). Pengaruh faktor demografi terhadap keputusan pembelian mobil di Kota Banda Aceh dengan persepsi merek mewah sebagai variabel mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 23-36.

Oktaviani, A. A., Komsiah, S., & Syaifuddin, S. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 100-107.

Se, R. O. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Wisatawan Di Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Oktavia, V. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Tokopi Restoran Palembang) (Doctoral dissertation, STIE Multi Data Palembang).

Pane, D. N., Fikri, M. EL, & Ritonga, H. M. (2018). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Wisatawan Dalam Memilih Wisata Ziarah (Studi Pada Pengunjung Wisata Ziarah Makam Sunan Bonang di Tuban). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ruslan, M. R., Yoesdiarti, A., & Miftah, H. (2020). Analisis preferensi konsumen terhadap kopi bogor di tiga kedai kopi bogor. Jurnal Agribisains, 6(2), 101-114.

Sembiring, V. A. (2017). Analisa pengaruh minat konsumen berkunjung terhadap keputusan membeli di Cafe Strawberry. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 21(3), 213-224.

Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono, M. (2022). Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business Journal, 1(1), 26-33.

Saraswati, K. D., Sanjaya, P. K. A., & Trarintya, M. A. P. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Repurchase Intention. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(2), 431-442.

V. A. R. Barao, R.C. Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). jurnal Aktual (Vol.33, Issue 1), 1-12.

Yunas, H. A., Irwan, M., Nasution, P., Suci, S., & Sundari, A. (n.d.). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Pada Jasa Gojek. http://jurnal.jomparnd.com/index.php/jkt

Downloads

Published

2023-06-30