Peran Koperasi Syariah BMT El-Mizan Annafii dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Authors

  • Neng Frida Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12901

Keywords:

BMT, Koperasi Syariah, Kesejahteraan Masyarakat

Abstract

Keberadaan koperasi syariah bertujuan untuk mengurangi ketergantungan warga terhadap lembaga keuangan tidak resmi yang banyak terdapat di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali peranan Koperasi BMT El-Mizan Annafii dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BMT El-Mizan Annafii meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan pinjaman dan pembiayaan yaitu seperti pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah, juga dengan adanya program simpanan seperti simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela. Keterbatasan penelitian ini yang hanya melakukan analisis terhadap peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu dikembangkan penelitian lebih lanjut mengenai peran koperasi untuk cakupan yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahliana Sukmasari, U., Djunaidi, D., & Putra, D. I. (2020). Konsep Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Kitab Tafsir Tahlili Corak Adabul Ijtima’i) (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Dari, P. W., Pangiuk, A., & Badaruddin, B. (2020). Peran Koperasi Syariah Dalam Pembiayaan Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada BMT Al Ishlah Kota Jambi) (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Harahap, S. A. R., & Ghozali, M. (2020). Peran Baitul Mal Wa Tamwil (Bmt) Dalam Pengembangan Ekonomi Umat. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1).

Hendrojogi. (2005). Koperasi Asas-asas, Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Hasbi, M. Z. N., & Widayanti, I. (2021). Analysis of Ijarah Contract Service Innovations in Sharia Banking Transactions. 282–290.

Lindiawatie, L., & Shahreza, D. (2018). Peran Koperasi Syariah BMT BUMI dalam Meningkatkan Kualitas Usaha Mikro. Al-Urban, 2(1), 1-12.

Lusi, K. H. (2022). Analisis Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada KSPPS BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Kota Gajah, Kabupaten Lampug Tengah) (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nafi’Hasbi, M. Z. (2019). Dampak Krisis Keuangan Global Terhadap Perbankan Di Indonesia. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 13(2), 385–400.

Nurfadillah, R. (2020). Peran Optimalisasi Baitul Maal Wattamwil (BMT) Dalam Peningkatan Perekonomian Rakyat Melalui UMKM.

Anoraga, P., Widayanti, N. (2003). Dinamika Koperasi, cet.4. Jakarta: Rineka Cipta, 4.

Pratama, I. T. (2019). Peranan Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Rumbai Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Sekitar BMT Al-Ittihad Rumbai) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).

Pratiwi, H. E. (2021). Analisis Prinsip Nisbah Dalam Pembiayaan Mudharabah di Koperasi Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM Al-Kautsar) Kota Makassar.

Pratiwi, M. (2021). Peran Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Bmt Al-Amal Kota Bengkulu) (Doctoral Dissertation, Uin Fatmawati Sukarno).

Santosa, D. S. S., & Putri, I. Y. (2018). Peran koperasi unit desa dalam kegiatan usaha masyarakat. Firm Journal of Management Studies, 3(2).

Sukardi, H. D., & SH, M. (2022). Badan Hukum Koperasi Dalam Konteks Keadilan Bermartabat. CV. Zenius Publisher.

Suprandi, D. (2019). Peran Koperasi Syariah Bengkulu Berjamaah Dalam Pengembangan Mini Market 212 Mart di Kota Bengkulu (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu).

Yudih, D., Sharah, C. M., & Nursamsiah, M. (2021). Peran Bmt El-Mizan Annafii Dalam Meningkatkan Kualitas Usaha Mikro. Ar-Rihlah: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 1(1), 35-45.

Downloads

Published

2023-06-30