Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal Di 212 Mart Medan Baru
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12893Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, Produk HalalAbstract
Karena hadir untuk melindungi umat Islam dari fitnah agama, Minimarket 212 Mart Medan Baru menjadi fenomena yang menarik bagi para peneliti. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi elemen-elemen yang mempengaruhi pilihan pembelian pelanggan dan harga barang halal di minimarket 212 Medan Baru. Informasi yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari survei dengan kuesioner yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan yang tertulis kepada responden yang berjumlah 101 responden dan kemudian untuk dijawab, yakni kuesioner yang sudah disediakan jawabannya, sehingga responden tinggal memilih dan menjawab secara langsung. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis regresi linier berganda, uji statistik nonparametrik Kolmogorov-Smirnov (K-S), dan uji multikolinieritas jika VIF (faktor inflasi varian) adalah metode analisis data yang digunakan. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 26.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh kualitas produk terhadap produk halal (0,006 < 0,05), Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh harga terhadap produk halal (0,001 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh keputusan pembelian terhadap produk halal (0,012 < 0,05). Dari hasil koefisien determinasi diperoleh 0,509 atau 50,9% menunjukkan bahwa variasi nilai kualitas produk, harga produk dan keputusan pembelian mencerminkan nilai kehalalan produk. Sisanya sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Downloads
References
Al-Bara, A.-B., & Nasution, R. (2018). Analisis Pengaruh Label Halal Pada Produk Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Masyarakat Kota Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 227–248.
Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215– 221.
Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen 212 mart condet batu ampar. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 58-66.
Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen Vodkasoda shirt. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(2), 142-150.
Hanso, B. (2016). Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Sepeda Motor Honda PT Indako Trading Coy Perpustakaan Pancabudi, 4(2016), 1–23.
Hilmawan, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Vario Di Kota Serang). Jurnal Elektronik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo, 3 (3), 154–166.
Hilmi, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada 212 Mart Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 550–565.
Ilyas, M. (2018). Sertifikasi dan Labelisasi Produk Halal Perspektif Maslahat. Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam, 4(2), 357.
Kotler, P. (2008). Managemen pemasaran, jilid 1. PT Indeks Kelompok Gramedia, 1(Cara memanagepemasaran),1. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227.
Laila, E.J., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(2), 1–9.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201– 212.
Nurhasah, S., Munandar, J. M., & Syamsun, M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal pada Konsumen.Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 8(3), 250.
Sakinah, N., & Firmansyah, F. (2021). Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Purchase Intention Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 192–202.
Sciences, H. (2020). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen, 1–23.
Sesaria. M. (2020). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.
Sujarweni. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Pelatihan Program Kelompok Usaha Bersama Pada Pelaku Usaha Kecil Menengah Dalam Menangani Tingkat Kemiskinan Di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Skripsi, 8(9), 1–58.
Xian, Gou Li, D. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660– 669.
Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123.