Studi Literatur : Hubungan Digitalisasi Zakat Terhadap Intensi Perilaku Generasi Millenial Membayar Zakat
DOI:
https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12847Keywords:
Digitalisasi Zakat, Intensi Perilaku, Muzakki MillenialAbstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis apa saja yang mempengaruhi intensi generasi millenial menggunakan digital payment dalam membayar zakat. Studi ini termasuk dalam jenis studi kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research yakni pengkajian dan analisa kembali terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan hubungan digitalisasi zakat terhadap intensi perilaku generasi millenial membayar zakat. Sumber data diperoleh dari literatur berupa jurnal-jurnal penelitian ilmiah terdahulu yang kemudian diolah dan dianalisis dengan reduksi data, display data, dan verification. Dari hasil analisis diperoleh bahwa faktor kemudahan penggunaan dan kemudahan merupakan faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi generasi millenial membayar zakat melalui zakat digital. Sedangkan faktor religiusitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi generasi millenial membayar zakat melalui zakat digital. Faktor-faktor yang terdapat studi ini masih terbatas, sehingga studi selanjutnya diharapkan mampu mengkaji lebih luas.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo.
Jastacia, B., & Asyifa, D. I. (2021). Exploring Indonesian Millennials Muzakkis’ insight of Paying Zakat in Digital Era. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1199-1205.
Karmanto, G. D., & Baskoro, B. D. (2020). Penggunaan platform crowdfunding dalam menyalurkan zakat, infaq, dan shadaqah (zis): studi intensi masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 1-15.
Khotimah, W. Q., & Larasati, M. (2019). Hubungan Keamanan Persepsian Terhadap Intensi Muzaki Membayar Zakat Menggunakan Aplikasi Digital. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 3, 68-80.
Kurniaputri, M. R., Dwihapsari, R., Huda, N., & Rini, N. (2020). Intensi Perilaku dan Religiusitas Generasi Millenials terhadap Keputusan Pembayaran ZIS melalui Platform Digital. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 15-22.
Kurniawan, I. A., & Wijayanti, M. R. (2022). The Effect Of Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And Social. Journal of Applied Management (JAM), 117-127.
Muafit, K., Mutatohhir, & Akmal. (2022). Digatilisasi Zakat. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Gowa, 232–246.
Nasional, P. K. (2019). Outlook Zakat Indonesia 2019 Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional. Jakarta Pusat: Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional.
Nasional, P. K. (2022). Outlook Zakat Indonesia 2022. Jakarta: Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional.
Ninglasari, S. Y. (2021). Determinants of Online Zakat Intention amongst Muslim Millennials: An Integration of Technology Acceptance Model and Theory of Planned Behavior. Shirkah: Journal of Economics and Business, 6(2), 227-245.
Utami, P., Basrowi, B., & Nasor, M. (2021). Innovations in the Management of Zakat in Indonesia in Increasing Entrepreneurial Interest and Poverty Reduction. International Journal of Islamic Studies and Humanities, 4(1), 1.
Baga, L. M., & Purnaningsih, N. (2020). Penghimpunan Dana Zakat Infak Sedekah Berdasarkan Intensi Perilaku Muslim Gen Y dalam Penggunaan Teknologi Digital Payment. AL-MUZARA'AH, 8(2), 95-108.
Stark, R., & Glock, C. Y. (1970). American Piety: The Nature of Religious Commitment.
Suherman, Musnaini, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Industry 4.0 vs Society 5.0. Banyumas: CV. Pena Persada.