Pelatihan Penilaian Pembelajaran Sastra untuk Tim MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kota Pekanbaru

Authors

  • Noni Andriyani Universitas Islam Riau
  • Asnawi Asnawi Universitas Islam Riau
  • Wilda Srihastuty Handayani Piliang Universitas Islam Riau
  • Wulandari Eka Putri Nasution Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/s.v1i2.9832

Keywords:

Asesmen, Penilaian, Pembelajaran Sastra

Abstract

Guru yang kerap memberikan penilaian tanpa rubrik penilaian yang jelas perlu diberikan pelatihan. Maka dari itu, pelatihan ini  dikhususkan untuk melatih guru-guru MGMP Bahasa Indonesia se-Kota Pekanbaru dalam membuat rubrik penilaian berdasarkan KD yang ada. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah, tutorial, dan praktik. Dapat dilihat dalam pelatihan ini bahwa guru memiliki beberapa kendala terkait penilaian yang banyak, format yang begitu rumit, dan ditambah lagi waktu yang terbatas untuk penyusunan serta pelaksanaan penilaian berbasis kompetensi yang menyebabkan guru kewalahan ketika memberikan penilaian kepada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, sangatlah penting untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan terkait proses asesmen secara umum dan pembuatan rubrik penilaian materi sastra secara khusus untuk guru-guru SMA. Manfaat pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu guru-guru SMA MGMP Bahasa Indonesia se-Kota Pekanbaru dalam meningkatkan kemampuan penilaian pembelajaran sastra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, K. (2018). Penilaian Pembelajaran Sastra Indonesia Berketerampilan Pikir Taraf Tinggi (HOTS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018.

Armadeni, Roza, M., & Arief, A. (2019). Kendala Pendidik dalam Menerapkan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Di MIN Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume IX Nomor 1, Halaman 1–108.

Dewi. (2017). Problematika Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Di SD Negeri Bayan No. 216 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Divanda, Agita Dio, dkk. (2018). Implementasi Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Gemolong). Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya., 6(2).

Endraswara, S. (2019). Metode Pengajaran Sastra. Pustaka Jaya: Jakarta Pusat.

Istiqomah, M. (2016). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMK Negeri Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Marliana dan Suhertuti. (2018). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Bumi Aksara: Jakarta.

Ruslan, Fauziah, T., & Alawiyah, T. (2016). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1, Halaman 147–157.

Sukenti, Desi, dkk. (2021). Studi Fenomenologi: Penilaian Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Geram, 9(2), 117-128.

Simangunsong, J. dkk. (2020). Penilaian pada kondisi khusus di SMA. Kemendikbud.

Widodo, M., Sunarti, I., Samhati, S., Prof, J., & Brojonegoro, S. (2019). Pelatihan Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia Di Bandar Lampung. Prosiding Senapati Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Teknologi dan Inovasi.

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles