”PESAN DAKWAH PADA KATA BIRRUL WALIDAIN”

(Program Pengabdian di Majelis Taklim Kelurahan Mundam, Dumai)

Authors

  • benni handayani universitas islam riau

Keywords:

Dakwah, Birrul walidain, Komunikasi Islam, Pesan dakwah

Abstract

Globalisasi di berbagai aspek kehidupan turut memberikan dampak negatif terutama bagi anak-anak. Gaya hidup, tontonan, idola, dan banyak lagi aspek yang jika tidak diperhatikan secara serius akan menambah semakin semu kualitas dan peran dalam sebuah keluarga. Orang tua dalam hal ini harus benar benar mengontrol dan memberikan pendidikan mengenai makna dari “birrul walidain” agar tidak hanya mengharapkan anak yang berbakti namun juga menjadikan anak tau bahwa nilai tersebut bersumber besar dari agama Islam. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di RT 01, Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai, dengan jarak tempuh menggunakan jalan tol sekitar 2 jam 40 menit, kegiatan ini nantinya akan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu majelis taklim RT 03, Kelurahan Mundam Kec. Medang Kampai tentang Birrul Walidain. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada ibu-ibu untuk mendidik anak menuju, Birrul Walidain. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini agar ibu-ibu memperoleh bekal ilmu pengetahuan untuk diberikan kepada anak-anak  menuju hidup Birrul Walidain, agar anak-anak ini kelak punya masa depan yang cerah, menjadi generasi yang hebat, akhlak yang baik sehingga memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Lubab, J. (2015). BIRRUL WALIDAIN. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam, 1(2), 10-24. Budihardjo, (2007), Konsep Dakwah Dalam Islam, Jurnal SUHUF 19 (2)
Bachtiar, Anis, (2013), Dakwah Kolaboratif, Model Alternatif Komunikasi Islam Kontemporer, Jurnal Komunikasi Islam Dan Penyiaran Islam 3 (1)
Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Effendy, Onong, (1993). Komunikasi dan Praktek. Bandung, Remaja Rosdakarya
I'anah, N. (2017). Birr al-walidain konsep relasi orang tua dan anak dalam islam. Buletin Psikologi, 25(2), 114-123.
Mulya, N. P. (2018). Pesan Dakwah Melalui Lirik Lagu Sepohon Kayu (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Raudoh, R. (2019). Globalisasi Budaya dan Teknologi dalam Mengantisipasi Kemerosotan Akhlak Siswa (Peneletian di MAN 1 dan SMAN 5 Kota Cilegon) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

ALQUR’AN

Alqur-an Surah, Al-Imran, Ayat 104

Alqur’an Surah, Al-Isra’, Ayat 23-24

Al-Quran Surah, Al-anbiya’, Ayat, 7

HADITS

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 3202
Hadits Abdullah bin Mas'ud: 326-383

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

handayani, benni. (2022). ”PESAN DAKWAH PADA KATA BIRRUL WALIDAIN” : (Program Pengabdian di Majelis Taklim Kelurahan Mundam, Dumai). JURNAL MEDIAM, 1(1), 15–20. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/mediam/article/view/8801

Issue

Section

Articles