Literasi Digital Sebagai Langkah Menghindari Hoaks Bagi Remaja
Keywords:
Literasi Digital, Cakap Digital, RemajaAbstract
Perkembangan teknologi berpengaruh besar kepada pengguna sehingga pengguna harusmampu memanfaatkan internet dengan bijak. Di Indonesia sudah banyak masyarakatyang menggunakan internet dalam aktivitas sehari-hari. Begitu pula dengan Masyarakat Provinsi Riau pun sudah sangat akrab dengan penggunaan internet, namun tingkat literasidigital Provinsi Riau masih berada dibawah rata-rata se-Indonesia. Sehingga sangat diperlukan peningkatan kemampuan literasi bagi masyarakat Riau, khususnya remajaatau pelajar yang kini menjadi pengguna internet terbanyak. Dalam Upaya mewujudkanMasyarakat digital, di bangku sekolah telah dihadirkan kegiatan ekstrakurikuler siberkreasi. Kegiatan literasi digital ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan literasidigital para pelajar. Kegiatan ini juga mendukung kegiatan pengabdian Masyarakat yang telah dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan. Penyuluhan kepada para siswa-siswi SMA Negeri 10 Pekanbaru telah dilaksanakan dan materi penyuluhan yang disampaikan sudahdisesuaikan dengan kebutuhan peserta dalam permasalahan untuk menghindari beritabohong atau hoaks yang dapat mengancam remaja sebagai pengguna aktif internet. Hasil yang dicapai setelah kegiatan ini dilakukan yaitu dapat membantu meningkatkanpemahaman remaja khususnya siswa-siswi SMA Negeri 10 Pekanbaru menjadi remajacakap digital.
Downloads
References
APJII. (2023). Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 juta.
Batoebara, M. U., Suyani, E., & Nuraflah, C. A. (2020). Literasi Media dalam Menanggulangi Berita Hoaks ( Studi Pada Siswa SMKN 5 Medan ). Jurnal Warta Edisi 63, 14, 34. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v14i1.541
Kesuma Wardani, R. W., & Febriyeni, M. D. (2020). Pola Komunikasi Hatespeech dan Cyberbulling Di Media Sosial. Ath-Thariq; Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v4i1.2060
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17. https://doi.org/10.20473/jisebi.2.1.17-22
Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121–140. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555
Wahyudi Gani, A., Asriadi, M., Angriawan, T., & Qasash Hasyim, M. (2023). Pkm Pelatihan Literasi Media Sosial Tentang Hoax Dan Cyberbullying Di Ma Ddi Al-Ihsan Kanang Workshop on Media Literacy About Hoax and Cyberbullying in Ma Ddi Al-Ihsan Kanang. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 108–116.