Literasi Digital Sebagai Langkah Menghindari Hoaks Bagi Remaja

Authors

  • Yuly Rahmi Pratiwi Universitas Islam Riau
  • Amelia Fitri Universitas Islam Riau
  • Roiyatul Ruqayah Universitas Islam Riau

Keywords:

Literasi Digital, Cakap Digital, Remaja

Abstract

Perkembangan teknologi berpengaruh besar kepada pengguna sehingga pengguna harusmampu memanfaatkan internet dengan bijak. Di Indonesia sudah banyak masyarakatyang menggunakan internet dalam aktivitas sehari-hari. Begitu pula dengan Masyarakat Provinsi Riau pun sudah sangat akrab dengan penggunaan internet, namun tingkat literasidigital Provinsi Riau masih berada dibawah rata-rata se-Indonesia. Sehingga sangat diperlukan peningkatan kemampuan literasi bagi masyarakat Riau, khususnya remajaatau pelajar yang kini menjadi pengguna internet terbanyak. Dalam Upaya mewujudkanMasyarakat digital, di bangku sekolah telah dihadirkan kegiatan ekstrakurikuler siberkreasi. Kegiatan literasi digital ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan literasidigital para pelajar. Kegiatan ini juga mendukung kegiatan pengabdian Masyarakat yang telah dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan. Penyuluhan kepada para siswa-siswi SMA Negeri 10 Pekanbaru telah dilaksanakan dan materi penyuluhan yang disampaikan sudahdisesuaikan dengan kebutuhan peserta dalam permasalahan untuk menghindari beritabohong atau hoaks yang dapat mengancam remaja sebagai pengguna aktif internet. Hasil yang dicapai setelah kegiatan ini dilakukan yaitu dapat membantu meningkatkanpemahaman remaja khususnya siswa-siswi SMA Negeri 10 Pekanbaru menjadi remajacakap digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII. (2023). Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 juta.

Batoebara, M. U., Suyani, E., & Nuraflah, C. A. (2020). Literasi Media dalam Menanggulangi Berita Hoaks ( Studi Pada Siswa SMKN 5 Medan ). Jurnal Warta Edisi 63, 14, 34. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v14i1.541

Kesuma Wardani, R. W., & Febriyeni, M. D. (2020). Pola Komunikasi Hatespeech dan Cyberbulling Di Media Sosial. Ath-Thariq; Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v4i1.2060

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17. https://doi.org/10.20473/jisebi.2.1.17-22

Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121–140. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555

Wahyudi Gani, A., Asriadi, M., Angriawan, T., & Qasash Hasyim, M. (2023). Pkm Pelatihan Literasi Media Sosial Tentang Hoax Dan Cyberbullying Di Ma Ddi Al-Ihsan Kanang Workshop on Media Literacy About Hoax and Cyberbullying in Ma Ddi Al-Ihsan Kanang. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 108–116.

Published

2024-06-27

How to Cite

Pratiwi, Y. R., Fitri, A., & Ruqayah, R. (2024). Literasi Digital Sebagai Langkah Menghindari Hoaks Bagi Remaja. JURNAL MEDIAM, 1(1), 1–5. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/mediam/article/view/16762

Issue

Section

Articles