Potensi Pengembangan Pariwisata Halal dan dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah Provinsi Riau

Authors

  • Nawarti Bustamam Universitas Islam Riau
  • Susie Suryani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(2).8839

Keywords:

Pariwisata Halal, Pembangunan Ekonomi, Potensi Wisata

Abstract

Trend wisata halal merupakan fenomena baru dalam industri pariwisata. Tuntutan masyarakat muslim terhadap suatu destinasi wisata bukan hanya sebatas keunikan dan daya tarik wisata pada tempat tersebut tetapi juga kenyamanan dan jaminan dalam melaksanakan ibadah.   Provinsi Riau giat menggerakkan dan mengembangkan potensi wisata halal sejak ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu dari 10 provinsi destinasi pariwisata halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalilis potensi pariwisata halal di provinsi Riau dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi daerah. Karakteristik penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata halal propinsi Riau sangat layak dikembangkan karena didukung oleh attraction, accessibility, amenities, ancilary services dan institutions yang cukup baik. Pengembangan pariwisata halal memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan ekonomi daerah Riau. Hal ini bisa dilihat dari munculnya berbagai jenis usaha di lokasi objek  wisata,  membaiknya  infrastruktur  dari  dan  ke  lokasi  objek  wisata, terbukanya lapangan kerja baru dan meningkatnya Pendapatan Asli Daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Byson, John.M. 1988. A Strategic Planning Process for Public and Non-ProfitOrganization. Long Range Planning. Pergamon Journals Ltd: Great Britain.
Battour, M., & Ismail, M. N. (2016). Halal tourism: Concepts, practices, challenges and future. Tourism Management Perspectives. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008
Charles Hofer, Higgins. 1995. Pengambilan Keputusan Strategik. Untu
Organisasi Publik dan Organisai Nonprofit. Grasindo, Jakarta
Chookaew, S., chanin, O., Charatarawat, dkk, 2015. Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in. Journal of Economics, Business, and Management, III (7).
Cooper, Fletcher, Gilbert, Shepherd & Wanhill. 1998. Tourism Principles and
Practices. England: Longman Group Limited.
Damanik, Janianton dan Weber, Helmut. (2006). Perencanaan Ekowisata dari
Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi
David, Fred R. (2004). Manajemen Strategis. Jakarta: PT. Indeks kelompok
Gramedia.
Departemen Agama RI, 1999, Al – Qur’an dan Terjemehannya, Semarang: CV, Toha Putra.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Siak (2015)
El-Gohary, H. (2016). Halal tourism, is it really Halal? Tourism Management
Perspectives. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.013
Ervina, 2017. Penerapan Strategi Pengembangan Pariwisata Oleh Dinas
Pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, ejurnal.fisip.unmul.ac.id
Firdaus, H, & khoirul,H. 2017. Kajian dan Strategi Pengembangan Wisata Pantai
Syari’ah. Fakultas Ekonommi dan Bisnis, IAIN Jember
Fitria Andayani dan Hery Sucipto, Wisata Syariah, Jakarta: Grafindo Books
Media, 2014.
George A. Steiner dan John B. Miner.1997. Kebijakan dan Strategi Manajemen. Hamzah, Maulana. M., & Yudiana, Yudi. (2015, Februari 9). Analisis Komparatif
Potensi Industri Halal dalam Wisata Syariah dengan Konvensional. Dipetik Agustus 4, 2015, dari http://catatanek18. blogspot.co.id: http://catatanek18.blogspot.co.id/2015/02/analisis-komparatif- potensiindustri.Html
Han, H., Al-Ansi, A., Olya, H. G. T., & Kim, W. (2019). Exploring halal-friendly destination attributes in South Korea: Perceptions and behaviors of Muslim travelers toward a non-Muslim destination. Tourism Management. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.10.010
Henderson, J. C. (2016). Halal food, certification and halal tourism: Insights from Malaysia and Singapore. Tourism Management Perspectives. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.006
Mohsin, A., Ramli, N., & Alkhulayfi, B. A. (2016). Halal tourism: Emerging opportunities. Tourism Management Perspectives. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.010
Rafdinal, W., & Alty, F. (2017). Pengaruh Islamic Tourism dalam Meningkatkan
Word of Mouth Wisata Halal Sumatera Barat. 1367–1373.
Salam, Dharma Setyawan. Otonomi Daerah Dalam Perspektif Lingkunga, Nilai dan sumber Daya. Jakarta: Djembatan
Samori, Z., Md Salleh, N. Z., & Khalid, M. M. (2016). Current trends on Halal tourism: Cases on selected Asian countries. Tourism Management Perspectives. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.011
Satriana, E. D., & Faridah, H. D. (2018). Wisata halal: perkembangan, peluang, dan tantangan. Journal of Halal Product and Research.

Downloads

Published

2022-01-24

Most read articles by the same author(s)