Analisis Faktor Minat Beli Terhadap Buku Bacaan pada Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Authors

  • Yuana Tri Utomo Utomo STEI Hamfara
  • Ismail Yusanto STEI Hamfara
  • Rizki Topan Ariawan STEI Hamfara

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(2).6983

Keywords:

Minat Pembelian, Buku Bacaan, Analisis Faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam membeli buku bacaan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik studi pustaka dan penyebaran kuisioner kepada 115 responden. Data yang terkumpul diolah menggunakan metode analisis faktor dengan software Microsoft Excel untuk inputnya dan SPSS sebagai outputnya. Dari 20 variabel yang diteliti setelah dianalisis menghasilkan 5 faktor. Faktor-faktor yang hasil analisis kemudian diinterprestasi menjadi faktor sosial, faktor psikologis, faktor peran dan status, faktor kelompok, dan faktor persepsi. Secara garis besar faktor-faktor yang terbentuk tersebut dapat dikelompokkan sebagai lingkup lingkungan dan lingkup pribadi. Faktor yang terbentuk dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa responden, yaitu mahasiswa UIN Suka, dalam membeli buku dipengaruhi oleh lingkungannya dan karena kesadaran pribadinya sendiri. Mencermati hal ini, maka: toko buku, penerbitan, lembaga akademik, dan yang semisalnya untuk kepentingan dakwah perlu mempertimbangkan faktor-faktor di atas sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, sehingga buku yang diterbitkan laku di pasar dan memberikan manfaat positif bagi banyak orang.

 

This study aims to analyze the factors that influence the buying interest of students at the State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta in buying reading books. The process of collecting data was carried out by using library research techniques and distributing questionnaires to 115 respondents. The collected data is processed using factor analysis method with Microsoft Excel software for input and SPSS as output. From the 20 variables studied, after being analyzed, there were 5 factors. The factors that were analyzed were then interpreted into social factors, psychological factors, role and status factors, group factors, and perception factors. Broadly speaking, these formed factors can be grouped into environmental and personal spheres. The factors formed in this study indicate that the respondents, namely UIN Suka students, in buying books are influenced by their environment and because of their own personal awareness. Observing this, then: bookstores, publishing houses, academic institutions, and the like for the sake of da'wah need to consider the above factors according to their respective capacities so that the published books sell well in the market and provide positive benefits for many people.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriatni & Satya, Ardhian Prima, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Buku Gramedia di Kota Semarang”, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Bungin, Burhan. Peneliian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana. 2010.

Hadi, Sutrisno, Statistik 2, Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 1986.

Hartono, Budi, Umi Wisapti Ningsih, dan Nila Fithria Septiarini.Buletin Peternakan Vol. 35(2): 137-142, Perilaku Konsumen dalam Pembelian Bakso di Malang. Juni 2011.

Hasan, Ali. Marketing. Yogyakarta: MedPress. 2009.

Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, PT Bumi Aksara, Jakarta: 2006.

Junadi, Purnawan, Pengantar Analisis Data, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga. 2009.

Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi 3. Jakarta: Penerbit Erlangga. 2009.

Marimin. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta: PT Grasindo. 2004.

McDaniel Jr., Carl, Gates, Roger. Riset Pemasaran Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat. 2001.

Rifai, Mien A., Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia, Cet. II, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 1997.

Muflih, Muhammad. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2006.

Nurhayati & Wahyu Wijaya Murti. Jurnal: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat terhadap Handphone. Unimus: Semarang. 2012.

Retnaningsih, Puspa Widya Utami, Istiqlaliyah Muflikhati. “Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Sikap dan Perilaku Membeli Buku Bajakan pada Mahasiswa IPB”, Jurnal Ilm. Kel dan Kons. Vol 3, 2010.

Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie Lazar. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks. 2008.

Sugihastuti, Bahasa Laporan Penelitian, Cet. IV, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Anonim, Sepuluh Model Penelitian dan Pengolahannya dengan SPSS 10.01/Ed 1. Cet I, Yogyakarta: Andi, Semarang: Wahana Komputer. 2002.

Satya, Ardhian Prima. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Buku Gramedia di Kota Semarang. Undip. 2012.

Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2004.

Tyas, Ari Anggarani Winadi Prasetyoning.Jurnal Ekonomi, Volume 4 Nomor 1, Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Handphone Blackberry. Jakarta: Mei 2013.

Umar, Husein. Metode Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran. cet 1, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 1997.

Zikmund, William G. dan Babin, Barry J. Menjelajahi Riset Pemasaran Edisi 10. Jakarta: Penerbit Salemba. 2011.

Downloads

Published

2021-12-04