Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Hengki Junius Sihombing Universitas Islam Riau
  • Eka Nuraini Rachmawati Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2015.vol26(1).2890

Keywords:

Peringkat Obligasi, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan perusahaan, Leverage, Profitabilitas

Abstract

Tujuan penelitian inim menguji pengaruh Ukuran Perusahaan (SIZE), Pertumbuhan Perusahaan (GROWTH), Leverage (DER), dan Profitabilitas (ROA) terhadap Peringkat Obligasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi Logistik Ordinal. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ukuran (SIZE) secara signifikan berpengaruh terhadap Peringkat obligasi pada level of significance kurang dari 5%, namun, Pertumbuhan (GROWTH), Leverage (DER) dan Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian, Nicko, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia” Universitas Diponegoro, 2010.

Almilia, Luciana Spica dan Devi,Vieka, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta”. Proceeding Seminar Nasional Manajemen Smart Universitas Kristen Maranatha Bansung, ISBN 978–979–16976–0 – 6 2006.

Alwi, Abdullah dan Nurhidayati, “Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi (Studi Empiris: Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2008-2011)”. Universitas Semarang, 2012.

Brigham dan Houston, “Fundamentals Of Financial Management Dasar Dasar Manajemen Keuangan”, Edisi 10, Salemba Empat, Jakarta, 2009.

Elton, Edwin, J dan Martin, J, Gruber. 1995. “Modern Portfolio Theory and Investment Analysis”. Fifth Edition, John Willey & Sons, Inc., New York.

Febriani, Irma, Nugraha, Hari Susanta dan Saryadi “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Peringkat Obligasi Pada Lembaga Keuangan Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”, Universitas Diponegoro, 2012.

Fahmi, Irham, “Analisis Laporan Keuangan”, Alfabeta, bandung, 2012. Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 20”, Cetakan VI, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Hadianto, Bram dan Wijaya, Sienly Veronica, “Prediksi Kebijakan Utang, Profitabilitas,Ukuran, dan Status Perusahaan Terhadap Kemungkinan Penentuan Peringkat Obligasi”, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Universitas Kristen Maranatha Bandung, 2008.

Kasmir, “Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya”, Edisi Revisi 2008, Rajawali Pers, Jakarta, 2008.

Kuncoro, Mudrajad, “Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi”, Edisi 3, Erlangga, Jakarta, 2009.

Maharti, Eny Dwi, “Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi.”, Universitas Diponegoro, 2011.

Nawari, I”Analisis Regresi Dengan Ms Excel dan SPSS 17”, PT Elex Media Kompotindo, Jakarta, 2007.

Pratisto, Arif “ Masalah Statistik dan Rancangan percobaan dengan SPSS 12”, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2005.

Raharjo, Sapto“Panduan Investasi Obligasi”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003. Ross, Westerfield, dan Jordan, “Pengantar Keuangan Perusahaan”, Edisi 8, Salemba Empat, Jakarta, 2009.

Samsul, Mohamad, “Pasar Modal dan Manajemen Portofolio”, Erlangga, Jakarta, 2006. Santoso, Singgi, “Statistik Nonparametik Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS” Media Komputindo, Jakarta, 2010.

Sari, Ratih Syarifah Kartika dan Bandi, “Praktik Manajemen laba Terkait Obligasi”, Universitas Sebelas Maret, 2010.

Sawir, Agnes, “Kebijakan Pendanaan dan Rekuntruksi Perusahaan”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.

Subramanyam, K.R, dan Wild, John J, “Analisis Laporan Keuangan”, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta, 2010.

Suharyadi, dan Purwanto S.K. “Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern”, Salemba Empat, Jakarta, 2009.

Tandelin, Eduardus, “Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio”, Edisi Pertama, Kanisius, Yogyakarta 2001.

Downloads

Published

2015-06-09

Issue

Section

Articles