Analisis Perbandingan Entrepreneur Intention Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Kota Pekanbaru

Authors

  • Azmansyah Azmansyah Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Nina Nursida Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2018.vol29(2).2792

Keywords:

Enterpreneur Intention, Sosio Demografi, Sikap Individu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi enterpreneur intention di kalangan mahasiswa perguruan tinggi Islam di kota Pekanbaru Riau. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif (terhitung 2 semester telah mengambil mata kuliah kewirausahaan) pada program studi manajemen pada 3 (tiga) perguruan tinggi di Kota Pekanbaru yaitu Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Riau (UR), Universitas Islam Negeri (UIN) Suska, dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 283 orang. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji beda rata-rata dan regresi linear berganda. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa faktor sikap individu yang mempengaruhi positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa adalah faktor autonomy and authority, faktor perceived confidence sedangkan faktor lainnya tidak ditemukan pengaruhnya. Manakala faktor-faktor kontekstual yaitu academic support dan social support. Faktor ini terbukti berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap niat kewirausahaan mahasiswa. Oleh karena itu, mata kuliah kewirausahaan dikampus sangat bermanfaat dalam menumbuhkan minat mahasiswa berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Quran
Nachrowi D Nachrowi, MSc.,Mphil,AppSc,PhD dan Hardius Usman,SSi.,Msi. 2006. Pendekatan Populer dan Praktis EKONOMETRIKA (Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan). LPFEUI. Jakarta
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau. 2017. Pekanbaru. http//:www.bpsriau.go.id
Zimmerer, W.T. 2002. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Third Edition. New York: Prentice-Hall.
Mazzarol, T., T. Volery, N. Doss, dan V. Thein, 1999. “Factors influencing small business startups”. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research 5 (2).
Tjahjono, H.K. & Ardi, H. 2008. Kajian Niat Mahasiswa Manajemen Universitas Muham madiyah Yogyakarta untuk Menjadi Wirausaha Utilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(1): 46-63.
Buchari Alma. 2007, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta
Suryana, (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, disi Ketiga, Penerbit Salemba, Jakarta
Vesper, K.H. & McMullan, W.E. 1988. Entrepre neurship: Today Courses, Tomorrow degrees?. Entrepreneurship Theory and Practice, 13(1): 7-13
Johnston, K.A, Andersen, B.K., Davidge-Pitts, J. &Ostensen-Saunders, M. 2010. Identifying ICT Entrepreneurship Potential in Students. Paper was presented at the Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE), Italy, 21-24 Juni.
Stewart,W.H.,Watson, W.E., Carland, J.C. & Carland, J.W. 1998. A Proclivity for Entrepreneurship: A Comparison of Entrepreneurs, Small Business Owners, and Corporate Managers”. Journal of Business Venturing, 14(2): 189-214.
Priyanto S.H. 2008. Di dalam Jiwa ada Jiwa: The Backbone and the Social Construction of Entrepreneurships. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Kristen Satya Wacana.
Gurbuz, G. & Aykol, S. 2008, Entrepreneurial Intentions of Young Educated Public in Turkey. Journal of Global Strategic Management, 4(1): 47-56.
Gerry. C, Susana. C. & Nogueira. F. 2008. Tracking Student Entrepreneurial Potential: Personal Attributes and the Propensity for Business Start Ups after Graduation in a Portuguese University. International Research Journal Problems and Perspectives in Management, 6(4): 45-53.

Downloads

Published

2018-12-31