Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Alkhairani Universitas Riau
  • Kamaliah Universitas Riau
  • Andewi Rokhmawati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2020.vol31(2).2783

Keywords:

Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dimediasi oleh Profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 41 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metode  purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika inferensial yang diukur dengan Parsial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dan nilai perusahaan. Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh terhadap nilai perusahaan dimediasi oleh profitabilitas. Good Corporate Governance (GCG) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap profitabilitas. Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan dimediasi oleh profitabilitas. Dengan adanya Profitabilitas sebagai variable intervening dapat meningkatkan hubungan antara Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Nilai Perusahaan.

This study aims to analyze the effect of Good Corporate Governance (GCG) and Corporate Social Responsibility (CSR) on firm value mediated by profitability. The population in this study were 41 mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange using purposive sampling method. The analysis technique used is inferential statistics as measured by Partial Least Square (PLS). The results showed that Good Corporate Governance (GCG) affects Corporate Social Responsibility (CSR) and firm value. Good Corporate Governance (GCG) affects firm value mediated by profitability. Good Corporate Governance (GCG) has no effect on profitability. Corporate Social Responsibility (CSR) affects profitability. Corporate Social Responsibility (CSR) has no effect on firm value. Profitability has an effect on firm value. Corporate Social Responsibility (CSR) affects firm value mediated by profitability. With the existence of Profitability as an intervening variable, it can improve the relationship between Corporate Social Responsibility (CSR) and Good Corporate Governance (GCG) on Company Value.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alijoyo, Antonius dan Subarto, Zaini. 2010. Komisaris Independen: PenggerakPraktek GCG di Perusahaan. PT. Indeks kelompok Gramedia. Jakarta.
Anggraini, Fr. Reni, Retno. 2011. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.
Ang, Robert. 2010. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Edisi Lima. Mediasoft. Indonesia. Jakarta.
Perusahaan Pada Bank Go Public Yang Terdaftar Di BEI. Seminar Nasional dan Call for Paper Research Methods And Organizational Studies. Hlm. 231-238.
Bambang Sudiyatno dan Elen Puspitasari. 2010. Tobin’s Q dan Altman Zscore Sebagai Indikator Pengukuran Kinerja Perusahaan. Kajian Akuntansi. Vol. 2 No. 1. Hal. 9-21.
Fahma, E.F. 2009. Agency Problems And The Theory Of The Firm. Journal Of Political Economy 88 (2): 289-307.
Frysa, P. 2011. Analisis Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Universitas Diponegoro. Semarang.
Fakhruddin dan Hadianto. 2011. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Gozhali, Imam. 2009. Structural Equation Modeling : Metode Alternatif dengan PLS. Edisi Kedua. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hapsari. 2018. Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. Vol. 1. No. 1. Hal. 211-222.
Jogiyanto danAbdillah. 2015. Metode Penelitian Bisnis. BPFE. Yogyakarta.
Karundeng dan Nangoi. 2018. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 - 2016). Jurnal Tesis. Program Studi Magister Akuntansi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Putri dan Suprasto. 2016. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.15. No.1. Hal: 667-694.
Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan, Teori dan Aplikasi. BPFE Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Sarwono J dan Suhayati E. 2010. Rizet Akuntasi Menggunakan SPSS. Graha Ilmu. Bandung.
Sulastri dan Nurdiansyah. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terindeks Oleh CGPI). Jurnal Manajerial. Vol. 2 No. 2. Hal – 35.
Winarti dan Imron. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajerial Economi. Vol. 1 No. 1. Hal: 21 – 35.

Downloads

Published

2021-03-07