Pengaruh Tipe Klien dan Tipe Komunikasi Terhadap Pengumpulan Bukti Audit

Authors

  • Dina Hidayat Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Gebby Chyntia Utami Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Tipe Klien, Tipe Komunikasi, Pengumpulan Bukti Audit, Hubungan Auditor-Klien

Abstract

Penelitian ini mereplikasi penelitian yang pernah dilakukan Bennet dan Hatfield (2013) mengenai pengaruh ketidak cocokan sosial antara auditor dan klien dalam pengumpulan bukti audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tipe klien dan tipe komunikasi terhadap pengumpulan bukti audit. Populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di kota Pekanbaru. Sampel dari penelitian ini adalah auditor di Kantor Akuntan Publik di kota Pekanbaru dengan teknik pengambilan sampel melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan regresi logistik biner. Hasil penelitian ini menunjukkan tipe klien berpengaruh negatif secara signifikan terhadap pengumpulan bukti audit dan tipe komunikasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap pengumpulan bukti audit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baltes, B. B., M. W. Dickson, M. P. Sherman, C. C. Bauer dan J. S. LaGanke. 2002. Computer- mediated communication and group decision making: A meta-analysis. Organizational Behaviour and Human Decision Processes, Vol. 87, No. 1, h. 156-179.
Brazel, J. F., C. P. Agoglia dan R. C. Hatfield. 2004. Electronic versus face-to-face review: The effects of alternative forms of review on auditors performance. The Accounting Review, Vol. 79, No. 4, h. 949-966.
Bennett, G. Bradley dan Richard C. Hatfield. 2013. The Effect of The Social Mismatch between Staff Auditor and Client Management on the Collection of Audit Evidence. The Accounting Review, Vol. 88, No. 1, h. 31-50.
Budiadnyani, Putu. 2013. Memahami Bukti Audit. Untaian Kata. http://putubudiadnyani.blogspot.com/2013/05/memahami-bukti-audit.html. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2013.
Firmansyah, Irman. 2011. Pengaruh Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas
Bahan Bukti yang Dikumpulkan. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran.
Frijda, N. H. 1987. The Emotions. Cambridge: Cambridge University Press.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. 5 ed. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Keltner, D., D. H. Gruenfeld, and C. Anderson. 2003.
Power, approach, and inhibition. Psychological Review, Vol. 110, No. 2, h. 265–284.
Kock, N. 2005. Media richness or media naturalness? The evolution of our biological communication apparatus and its influence on our behavior toward e-communication tools. IEEE Transactions on Professional Communication, Vol.48, No. 2, h. 117–130.
Mulyadi. 2008. Auditing. Jakarta: Salemba Empat.
Sabirin, M. 2011. Analisis Framing Tentang Pemberitaan Nurdin Halid Pada
Koran Tempo Makassar. Skripsi Dipublikasikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Hasanuddin.
Schlenker, B. R. 1980. Impression Management: The Self Concept, Social Identity, and Interpersona Relations. Monterey: Brooks/Cole Publishing.
Twenge, Jean M. dan W. Keith Campbell. 2009. The Narcissism Epidemic: Living in the Age of Entitlement. New York: Simon and Schuster.
Yulaika, Irna. 2013. Teori Pertukaran. Dunia Ilmu. http://resepsigo.blogspot.com/2013/04/toeri-pertukaran.html. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2013.

Downloads

Published

2018-06-30

Issue

Section

Articles