PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Edy Syahputra Universitas Negeri Medan
  • Risto Luri Pristani universitas negeri medan
  • Tianovida Siregar universitas negeri medan
  • Saidun Hutasuhut
  • Thamrin

Keywords:

Quantum Learning, Pelajar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan metode snowball throwing. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan metode Quantum Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2022/2023  yang berjumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah dreskriftif kualitatif dengan rancangan  penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan (tindakan), pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Stabat. Aktivitas belajar siswa yang meliputi enem indikator yaitu: membaca materi pelajaran, memperhatikan saat guru menerangkan, bertanya kepada guru atau teman saat pembelajaran berlangsung, mendengarkan penjelasan guru, mencatat materi pelajaran yang telah dijelaskan oleh guru, berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya, antusias dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Peningkatan aktivitas belajar secara keseluruhan dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar sebesar 33,33%, meningkat dari siklus I sebesar 48,57% menjadi 81,90% pada siklus II. (2) metode Quantum Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Stabat. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian harian. Hasil belajar ekonomi siswa dari penilaian harian siklus I ke penilaian harian siklus II mengalami peningkatan dan sudah menunjukkan tujuan indikator keberhasilan yaitu sebesar 75%. Siswa yang mampu memenuhi Kriteria Ketutasan Minimal (KKM) 65, sebanyak 21 siswa atau 60,00% pada siklus I menjadi 32 siswa atau 91,43% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11 siswa atau 31,43%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles