Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Artificial Intelligence Dalam Pelajaran Pemrograman

Authors

  • Haris Kurniawan Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Satrio Junaidi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rada Puspita Wahyuni Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Meriza Cahyani Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2024.19687

Keywords:

AI, ChatGPT, Pelajaran Pemrograman, Edukasi

Abstract

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran pemrograman merupakan kebutuhan yang potensial karena AI dapat mendorong pembelajaran adaptif dan interaktif. Permasalahan yang sering ditemukan dalam pembelajaran pemrograman adalah siswa kesulitan dalam membuat algoritma dan problem solving error. Dengan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan upaya peningkatan keterampilan  siswa untuk penggunaan AI dalam bentuk Edukasi. Tujuan Pengadian Kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan edukasi dalam menggunakan AI untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pemrograman dan partisipasi dalam proses pembelajaran. PkM ini menggunakan metode yang terdiri dari 3 tahap diantaranya; Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Pelaksanaan PkM ini diberikan kepada siwa kelas XI di SMK N 2 Kota Padang. Hasil PkM menunjukkan bahwa  pemanfaatan AI dapat meningkatkan pemahaman konseptual, mempercepat deteksi dan koreksi error, serta memberikan umpan balik yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran individu. Hasil PkM ini menunjukkan bahwa siswa telah mampu menerapkan AI yang sangat efektif dan memudahkan dalam pembelajaran pemrograman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamopoulou, E., & Moussiades, L. (2020). An Overview of Chatbot Technology. IFIP International Conference on Artificial Intelligence Applications and Innovations.

Bubeck, S., et al. (2023). Sparks of artificial general intelligence: Early experiments with GPT-4. arXiv preprint arXiv:2303.12712.

Brown, T. B., et al. (2020). Language models are few-shot learners. arXiv preprint arXiv:2005.14165.

Jurafsky, D., & Martin, J. H. (2020). Speech and Language Processing. Pearson.

McTear, M. F. (2018). Conversational modelling for chatbots: Current approaches and future directions. Language and Linguistics Compass.

OpenAI. (2021). "OpenAI API." OpenAI. Diakses dari https://beta.openai.com/docs/

Russell, S., & Norvig, P. (2016). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Pearson.

T. N. Fitria, “Artificial intelligence (AI) technology in OpenAI ChatGPT application: A review of ChatGPT in writing English essay,” ELT Forum: Journal of English Language Teaching, vol. 12, no. 1, pp. 44–58, Mar. 2023, doi: https://doi.org/10.15294/elt.v12i1.64069.

Vaswani, A., et al. (2017). Attention is all you need. In Advances in neural information processing systems.

Weidinger, L., et al. (2021). Ethical and social risks of harm from Language Models. arXiv preprint arXiv:2112.04359.

Z. N. Ghafar, “ChatGPT: a New Tool to Improve Teaching and Evaluation of Second and Foreign Languages a Review of ChatGPT: the Future of Education,” International Journal of Applied Research and Sustainable Sciences, vol. 1, no. 2, pp. 73–86, Oct. 2023, doi: https://doi.org/10.59890/ijarss.v1i2.392.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Kurniawan, H., Satrio Junaidi, Rada Puspita Wahyuni, & Meriza Cahyani. (2024). Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Artificial Intelligence Dalam Pelajaran Pemrograman. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 5(2), 56–63. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2024.19687

Issue

Section

Articles