Strategi Peningkatan Branding Geopark Sawahlunto Berbasis Website, Sosial Media, dan Kerjasama Pendidikan

Authors

  • Apri Siswanto
  • Budi Prayitno
  • Nurfauzan Hanif Islamic University of Riau
  • Tri Rislan Febrika

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14939

Keywords:

Branding, Digital, Geopark

Abstract

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mencakup aktivitas untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, seperti meluaskan pengetahuan, wawasan, dan meningkatkan keterampilan. Kegiatan ini dilakukan oleh anggota akademis sebagai bentuk pengabdian dan komitmen untuk berperan dalam meningkatkan kesejahteraan serta memberdayakan seluruh masyarakat (Iman Saputra & Siahaan, 2020). Geopark merupakan konsep yang melibatkan aspek geologi, warisan alam, budaya, dan non-benda di suatu daerah. Artikel ini mengulas pengembangan Geopark Sawahlunto di Provinsi Sumatera Barat sebagai contoh implementasi konsep ini. Berfokus pada upaya peningkatan branding di era digital yang diselenggarakan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Riau Fakultas Teknik. Pelatihan ini menitikberatkan pada pengelolaan website dan pemanfaatan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Implementasi dilakukan dengan berbagai tahapan, termasuk analisis kebutuhan, desain website, pengembangan dilakukan dengan teknologi Framework Laravel. Hasilnya mencakup pengembangan website sebagai sarana penting dalam peningkatan branding Geopark Sawahlunto, memungkinkan akses informasi yang lebih luas serta memperkuat citra destinasi pariwisata. Kegiatan PKM ini berhasil dalam membawa manfaat baik dalam konteks pengelolaan destinasi maupun dalam penerapan teknologi digital untuk meningkatkan branding dan akses informasi terkait Geopark Sawahlunto

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Iman Saputra and K. Siahaan, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pada (LPPM) Universitas Jambi,” Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, p. 248, 2020.

E. N. Rizaly and A. Rahman, “Ainara-LPPIP (http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp) Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Potensi Daerah Kabupaten Dompu,” J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Bid. Pariwisata, vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2021, [Online]. Available: http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp.

A. Fathurrozi and P. Kustanto, “Sosialisasi Bayah Geopark untuk menjadi UNESCO Global Geoparks (UGG) Pada Komunitas Geopark Youth Forum (GYF),” J. Dharmabakti Nagri, vol. 1, no. 2, pp. 91–99, 2023, doi: 10.58776/jdn.v1i2.36.

A. Stefanus, P. Studi, T. Informatika, U. Kristen, S. Wacana, and K. Salatiga, “Aplikasi Pelayanan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Salatiga Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 10, no. 1, pp. 16–29, 2023.

E. Novianti, Yustikasari, and S. Perbawasari, “Akselerasi Literasi Digital sebagai Pengembangan Komunikasi Pariwisata pada Kawasan Geopark Bandung,” Dharmakarya J. Apl. Ipteks untuk Masy., vol. 12, no. 2, pp. 290–300, 2023.

P. D. P. Silitonga, A. Rikki, and P. Gunawan, “Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Promosi Objek Wisata Samosir,” vol. 2, no. 2, pp. 78–82, 2023.

D. N. C. Permatasari, “Perancangan Destination Branding Desa Wisata Bongan melalui Visual Branding dan Digital Marketing,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Makardhi, vol. 2, no. 1, pp. 9–22, 2022, doi: 10.52352/makardhi.v2i1.794.

A. Salim and C. Ishaq, “Pembuatan Backend Aplikasi Pemandu Pariwisata Menggunakan Framework Laravel Untuk Obyek Wisata Di Provinsi Jawa Barat,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 7, no. 2, pp. 140–146, 2020.

M. Badrul, “Penerapan Metode waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 8, no. 2, pp. 57–52, 2021, doi: 10.30656/prosisko.v8i2.3852.

I. A. Alfarisi, A. T. Priandika, and A. S. Puspaningrum, “Penerapan Framework Laravel Pada Sistem Pelayanan Kesehatan ( Studi Kasus : Klinik Berkah Medical Center ),” vol. 2, pp. 1–9, 2023.

L. P. Wanti et al., “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pengembangan Desa Wisata Widarapayung Wetan melalui Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 128–135, 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i1.8385.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Apri Siswanto, Budi Prayitno, Nurfauzan Hanif, & Tri Rislan Febrika. (2023). Strategi Peningkatan Branding Geopark Sawahlunto Berbasis Website, Sosial Media, dan Kerjasama Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(2), 14–21. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14939

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)