Efektivitas Psikoedukasi dalam Peningkatan Pengetahuan tentang Bullying pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12362Keywords:
perundungan, siswa SMP, psikoedukasiAbstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan anak yang memiliki perbedaan dengan anak normal pada umumnya karena adanya hambatan sehingga rentan mengalami perundungan karena memiliki cara komunikasi dan perilaku yang berbeda. Berdasarkan data awal yang berasal dari hasil observasi di salah satu sekolah di Samarinda ditemukan adanya 3 laporan kasus perundungan yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi mengenai perundungan pada siswa SMP. Psikoedukasi diharapkan dapat menjadi intervensi untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perilaku perundungan. Psikoedukasi dilakukan secara tatap muka di kelas. Materi yang diberikan meliputi jenis-jenis perilaku perundungan, dampak negatif perundungan, peran, dan strategi perundungan serta hal yang perlu dilakukan ketika melihat perundungan. Psikoedukasi diberikan kepada 28 orang siswa yang termasuk dalam satu rombongan belajar. Hasil analisis yang dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada skor sebelum dan sesudah psikoedukasi dilakukan. Hal tersebut menunjukkan bahwa psikoedukasi cukup efektif dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai perundungan (bullying).
Downloads
References
Al Wafi, S. R. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah dan Menangani Bullying Pada Kalangan Peserta Didik Di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto. In B. '. 20, The World Of Counselor (pp. 354-364). Anagraf Indonesia.
Amin, & Sumendap, L. Y. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.
Astuti, I. (2011). Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. Malang: Bayumedia Publishing.
Dapa, N. A., & Tuerah, R. M. (2021). Manajemen Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Deepublish.
Direktorat Sekolah Dasar. (2021). STOP Perundungan/Bullying Yuk! Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Isnawati, R. (2020). Pentingnya Problem Solving Bagi Seorang Remaja. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Iswan, A. H., & Royanto, L. R. (2019). Intervensi Perilaku Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar sebagai Pelaku. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, (9)2, 122-134.
Jahja, Yudrik. (2015). Psikologi Perkembangan. Kencana: Jakarta.
Midgett, A., Doumas, D. M., & Jhonston, A. D. (2017). Establishing School Counselors as Leaders in Bullying Curriculum Delivery: Evaluation of a Brief, School-Wide Bystander Intervention. Professional School Counseling, 21(1), 1-9. doi: 10.1177/2156759X18778781.
Ni'Matuzahroh. (2019). Aplikasi Psikologi di Sekolah: Teori dan Praktik dalam Memahami Masalah-Masalah di Sekolah. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Pratisti, W., & Yuwono, S. (2018). Psikologi EKsperimen: Konsep, Teori, Aplikasi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Purba, R. M., & Mangunsong, F. (2010). Program SERASI (Sekolah Ramah Inklusi) Dalam Meningkatkan Pengetahuan Saksi Sebaya (Peer Bystander) Tentang Disabilitas dan Perundungan (Bullying). INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, (11)2, 1-15.
Sapitri, W. A. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Semarang: Guepedia.
Seprianto, E. (2022). Understanding The Bully Verse in The Al-Qur’an with a Psychological Approach. Takwil: Journal of Quran and Hadith Studies (1)1, 73-78.
Sulthon. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP) are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.