Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di SMP Negeri 1 Tigapanah

Authors

  • Disna Margaretha Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Hasruddin

Keywords:

Model Pembelajaran; Berpikir Induktif; Hasil Belajar; Zat Aditif dan Zat adiktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif di SMP Negeri 1 Tigapanah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berpikir induktif, dan VIII7 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes hasil belajar siswa kelas eksperimen 42,80 dan kelas kontrol 40,67.nilai rata-rata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,47 dan kelas kontrol 80,00. Hasil uji hipotesis dengan mengunakan uji t diperoleh 2,917 dengan Sig. (α) < 0,05 (0,005 < 0,05) sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hasruddin

Dosen Biologi Universitas Negeri Medan

References

Anggraini, B. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Mind Mapping & Kemampuan Berpikir Normal Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (1): 1-7.

Billing, H. (2013). Effect of Inductive Thinking Model on Achievement Motivation of Student to their Learning Approach, Abhipur, Indo Global College of Education. International Journal of Education and Phsychologi Reserch (IJEPR). 2 (4): 49-59.

Halimsyah, N. (2014). Pengaruh Penerapan Model Induktif Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Biotek. 5 (1). 114-126.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajar dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B. and M. Weil. (2011). Model of Theaching. Englewood Clits.New Jersey: Prentice-Hall.

Lumbantoruan dan Ginting, E. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Induktif dengan Menggunakan Animasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar pada Materi Kalor Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pagaran T.A. 2013/2014. Jurnal INPAFI. 2 (3). 172-181.

OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. Indonesia: Country Note PISA 2018 Results. Vol. I-III.

Prabawati, R. (2014). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pemebelajarn Berpikir Induktif Pada Materi Kalor di Kelas X.2 MAN I Model Kota Bengkulu. Bengkulu: Skipsi Universitas Bengkulu program Studi Pendidikan Fisiska.

Sitorus, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitan dan Hukum Hooke Kelas XI Semester 1 di SMA Taman Siswa Binjai T.P 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). 6(2): 19-26.

Sitorus, P., Irawaty, K.M., & Mariana, S. (2022). Pengaruh Berpikir Induktif dalam Pembelajaran Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMPN Bosar Galugur Kecamatan Tanah Jawa. Jurnal Visi Eksakta (JVIEKS). 3(1): 1-20.

Suyanto. (2010). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Tambunan, D. M., & Hasruddin. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di SMP Negeri 1 Tigapanah . Biology and Education Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/baej/article/view/16100

Issue

Section

Articles