Penerapan Hidroponik Tanaman Kangkung dalam Pembelajaran Terhadap Literasi Kewirausahaan pada SMAN 3 Panyabungan

Authors

  • Riska Nasution Nasution Universitas Negeri Padang
  • Utari Akhir Gusti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Utari Akhir Gusti Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Hidroponik Tanaman Kangkung Literasi Kewirausahaan SMAN 3 Penyabungan

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kebutuhan dan potensi peserta didik. Salah satu tujuan dari kurikulum ini adalah untuk melatihkan pemahaman tentang kewirausahaan. Harapannya, siswa tidak hanya mempelajari konsep-konsep tetapi juga memahami dasar-dasar menjalankan bisnis yang berfungsi sebagai bekal di masa depan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan menganalisis penggunaan metode hidroponik dalam mengajar literasi kewirausahaan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan dilakukan di SMAN 3 Panyabungan selama satu bulan. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan penyebaran angket dengan indikator literasi kewirausahaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata 75% siswa memahami literasi kewirausahaan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan hidroponik tanaman kangkung. Ini berarti bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan hidroponik tanaman kangkung dapat membantu mengembangkan kewirausahaan melalui literasi sejak dini. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat diterapkan oleh guru di sekolah dengan tujuan meningkatkan pemahaman literasi kewirausahaan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candrasari, T. R. (2022). Penanaman kreativitas berwirausaha peserta didik melalui kebun hidroponik. 1(1), 191–200.

Davis, B.G. 1993. Tools for teaching. San Fransisco: Jossey-Bass Inc. Publisshers.

Dewi, S. K. S. (2017). Konsep dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Deepublish.

Efendi, M. (2013). Lingkungan sebagai media pembelajaran. Geography South Kalimantan, 3(1), 1-7.

Fadli, Suryadi, E. (2020). Jurnal AGRIFO. Vol. 5 No. 1. April 2020. Agrifo, 5(1), 1–12.

Febrian, D., Suriani, C., Edi, S., Harahap, F., Siregar, R. Y., Br Saragih, W., & Br Bangun, E. F. (2022). Pendampingan Pembuatan Hidroponik Sebagai Implementasi Budidaya Sayuran di SMP Hidayatul Islam Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Gusti, Akhir Gusti., Rismawati, R., Artha, H. W., & Noviandri, N. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Lingkungan untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. IBERS: Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 1(1), 1-7.

Gusti, U. A., & Artha, H. W. (2022). Pengembangan Smart Backgammon sebagai Media Pembelajaran Berbasis Literasi Lingkungan untuk Peserta Didik SD/MI. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(01), 7-13.

Hasan, M., Azizah, N., Nurjannah, N., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kecakapan Hidup Berbasis Karakter Kewirausahaan pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4299-4309.

Kumartha, I. P. F., Putra, M., & Sujana, I. W. (2013). Pengaruh pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam terhadap hasil belajar ips siswa kelas iv sd gugus 4 selemadeg timur tabanan. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Nugroho, P. A. (2017). Pengembangan Model pembelajaran IPS terpadu berbasis lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2).

Purnama, F., Indarsyih, Y., Sadimantara, F. N., & Pembahasan, H. (2021). Hubungan Jiwa Kewirausahaan dengan Keberhasilan Usaha Hidroponik di Kota Kendari Pendahuluan Metode Penelitian.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rohim, A. N. (2022). Program Metroponik: Edukasi Hidroponik Berbasis Vokasional dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha Santri Pondok Madania Yogyakarta. Warta LPM, 25(2), 175–186. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.643

Savitri, D. A., Nadzirah, R., & Novijanto, N. (2020). Pelatihan Hidroponik Sistem Dft Guna Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Di Jember. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(5), 969–977.

Suprianingsih, S., Loravianti, S. R., & Syafwandi, S. (2016). Perancangan game sebagai medai pembelajaran berkebun hidroponik. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 78-92.

Suryani, E., Purwanti, K. Y., & Hawa, A. M. (2023). Implementasi Program Hidroponik dalam Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Siswa SD. 6(1), 286–292.

Sutanto, T. (2015). Rahasia sukses budidaya tanaman dengan metode hidroponik. Bibit Publisher.

Syahputra, R. A., Hermanto, B., Silalahi, A. D., & Habibie, D. (2019). Pendampingan Pengembangan Kewirausahaan Tanaman Hidroponik Di Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(4), 933. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i4.13001

Wulansari, W. (2018). Penerapan Hidroponik Sistem Sumbu pada Pembelajaran Keterampilan terhadap Kemampuan Mengenal Alat dan Bahan Bagi Tunagrahita. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.

Published

2023-12-30

How to Cite

Nasution, R. . N., Gusti, U. A., & Gusti, U. A. (2023). Penerapan Hidroponik Tanaman Kangkung dalam Pembelajaran Terhadap Literasi Kewirausahaan pada SMAN 3 Panyabungan. Biology and Education Journal, 3(2). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/baej/article/view/14363

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)