Analisis Kajian Inovasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Berbantuan Teknologi pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Diana Yusni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maftuhah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2023.13072

Keywords:

Pembelajaran Interaktif, Model Pembelajaran POE, Teknologi, Kompetensi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji inovasi model pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi teknologi informatika yang efektif untuk mengatasi kelemahan dari model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan (literatur review) yakni dengan teknik penelusuran berbagai penelitian yang relevan lalu disajikan secara deskriptif. Hasil analisis kajian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbantuan teknologi dilakukan dengan cara memahami karakteristik model pembelajaran serta teknologi yang sesuai untuk mendukung kebutuhan pembelajaran. Pelaksanaan model pembelajaran yang tepat merupakan hal yang esensial bagi pendidik guna meningkatkan kompetensi belajar peserta didik. Selain itu, penggunaan teknologi bergantung pada kreativitas pendidik untuk memberikan inovasi pedagogi belajar yang dapat menjadi solusi menangani kelemahan dari model pembelajaran yang diterapkan. Adapun model pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan teknologi adalah model pembelajaran Predict Observe Eksplain (POE). Model pembelajaran POE merupakan suatu model pembelajaran yang terdiri dari sintak terstruktur dan sistematis yakni tahapan melakukan prediksi, observasi atau pengamatan dan diakhiri dan tahapan penjelasan. Melalui model pembelajaran ini pendidik dapat mengoptimalkan berbagai teknologi yang telah ada dan berkembang di kalangan peserta didik untuk dimanfaatkan dalam menyalurkan informasi pembelajaran, hingga kelemahan dari pengaplikasian model dapat diatasi serta pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Riana Nur. (2019). Realia media to improve students’ result learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Journal of Elementary School Teacher Education 9(1): 891–99.

Anggraeny, Lelyta, Peduk Rintayati, dan Muhammad Shaifuddin. (2018). The Enhancement of Understanding Concept of Force Through Predict Observe Explain (Poe) Model. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series 1(1): 428–33.

Bahar, Irnayanti, , Syamsiah, dan Arsad Bahri. (2018). Penggunaan Media Powerpoint dan Animasi terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar. Celebes Biodiversitas: Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi 2(1): 1.

Bariş, Çiğdem Çıngıl. (2022). The effect of the ‘ Predict-Observe-Explain ( POE )’ strategy in teaching photosynthesis and respiration concepts to pre-service science teachers. Journal of Biological Education 00(00): 1–18. https://doi.org/10.1080/00219266.2022.2047097.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6(2): 300.

Chen, Gwo-jen Hwang. (2022). A concept mapping-based prediction-observation- explanation approach to promoting students ’ flipped learning achievements and perceptions. : 1497–1516.

Sugiarti. (2020). Efektivitas Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Diintegrasikan dengan predict observe explain (POE) terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Inferensi Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 7 (7): 1–114.

Hong, Jon Chao et al. (2021). Critical attitude and ability associated with students’ self-confidence and attitude toward ‘predict-observe-explain’ online science inquiry learning. Computers and Education 166: 104172. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104172.

Isnaini, Nuri, Alanindra Saputra, Ridha Ajeng Aprilia, dan Ruhmani Ruhmani. (2021). Pengaruh whatsapp sebagai basis e-learning terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran biologi kelas x sma. Bio-Pedagogi 10(1): 59.

Izza. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Studi Agama 5(1): 73–91.

James, Nicole M et al. (2022). Predict-observe-explain activities preserve introductory geology students ’ self-efficacy. Journal of Geoscience Education 70(2): 238–49. https://doi.org/10.1080/10899995.2021.1906593.

Lucas, Lyrica, Tomáš Helikar, dan Joseph Dauer. (2022). Revision as an essential step in modeling to support predicting, observing, and explaining cellular respiration system dynamics. International Journal of Science Education: 1–28. https://doi.org/10.1080/09500693.2022.2114815.

Mufidah, Alfi, dan Rifa Mufidah. 2021. “Proceeding of Integrative Science Education Seminar Inovasi Pembelajaran Biokimia dalam Menyongsong Era Super Smart.” Proceeding of Integrative Science Education Seminar 1(1): 60–69.

Mutakinati, Lely, Ilman Anwari, dan Kumano Yoshisuke. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 7(1): 54–65.

Nasution, Muhammad Fahmi, dan Nirwana Anas. (2022). The Effect of Mentimeter Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Biology Learning. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus 8(2): 293–301.

Rima Rikmasari, Kori Sundari, dan Halimah Nuraini. (2022). Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas 8(4): 1634–45.

Sari, W dan Putri, Azza. (2022). Pengembangan E-Worksheet Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Stem Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Kajian Biologi dan Pembelajarannya 9(1): 2613–9936.

Siburian, Jodion, Aloysius Duran Corebima, Ibrohim, dan Murni Saptasari. (2019). “The correlation between critical and creative thinking skills on cognitive learning results.” Eurasian Journal of Educational Research 2019(81): 99–114.

Astuti, Tri. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain ( POE ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP) 3 (1): 1–14.

Yus’iran, dan Lis Suswati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Suhu Dan Kalor. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika 4(2): 6–9.

Zahwa, Feriska Achlikul, dan Imam Syafi’i. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 19(01): 61–78.

Zhao, Li et al. (2021). Exploring the effects on fifth graders’ concept achievement and scientific epistemological beliefs: Applying the prediction-observation-explanation inquiry-based learning model in science education. Journal of Baltic Science Education 20(4): 664–76.

Published

2023-06-28

How to Cite

Yusni, D., Maftuhah, Supriatno, B., & Riandi. (2023). Analisis Kajian Inovasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Berbantuan Teknologi pada Pembelajaran Biologi. Biology and Education Journal, 3(1), 24–36. https://doi.org/10.25299/baej.2023.13072

Most read articles by the same author(s)