Suitability of Maharah Kalam Learning Achievement in JSIT Arabic Learning Curriculum With CEFR
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(2).9543Keywords:
Maharah al-Kalam, , SMP IT Qurrata A'yun, CEFRAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami standar pencapaian maharah kalam bahasa Arab pada tingkat SMP Islam Terpadu, dan untuk memahami standar pencapaian kompetensi maharah kalam dalam CEFR, yang kemudian akan dianalisis antara kesesuaian pencapaian maharah kalam tingkat SMP Islam Terpadu dengan CEFR. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), dan tulisan ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif sebagai metode analisis data. Yang bertujuan untuk memilih dan mengklasifikasikan item-item pokok yang terdapat dalam kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu pada tingkat SMP agar disesuaikan dengan CEFR. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kesesuaian dalam pencapaian maharah al-Kalam pada kelas VII SMP IT Qurrata A'yun masuk ke level A1, 2) kemudian Kesesuaian pencapaian maharah al-Kalam kelas VIII SMP IT Qurrata A'yun masuk ke level A2 dalam CEFR, dan 3) pencapaian maharah al-kalam kelas IX SMP IT Qurrata A'yun secara umum masuk kepada level B1 dalam CEFR.
Downloads
References
Aming, M. (2019). Problematika Keterampilan Berbicara bahasa Arab Pada Siswa Kelas Ix Di Bakong Pittaya School Patani Thailand Selatan. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.
Aziz, A. H. A. A., Rashid, R. A., & Zainudin, W. Z. W. (2018). The enactment of the Malaysian common European framework of reference (CEFR): National master trainer’s reflection. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(2), 409–417.
Council of Europe. (2018). Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assesment Companion Volume With New Deskriptors. Europe: Language Policy Programme Education Policy Division Education Departemen.
Hendri. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunikatif.
Kuswoyo. (2017). Konsep Dasar Pembelajaran Maharah Kalam. An-Nuha, 4(1).
Mahmud, K. (1985). Ta’limu al-Lugha al-Arabiyah linnathiqina bilughati ukhra. Makkah al-Mukarramah: Jamiah Ummul Qura.
Mulyono & Ismail, S. W. (2018). Strategi Pembelajaran Di Era Digital. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku.
Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.
Nurdianto, T. (2020). Kompetensi Dasar Pembelajaran Bahasa Arab-Common European Framework of Reference (CEFR). Yogyakarta: Zahir Publishing.
Robingatin, S. (2015). Implementasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SMP IT. Jurnal Syamil, 3(1).
Ramzi, M., & Imam, A. (2018). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulita Nberkomunikasi Bahasa Arab Siswa Kelas X Smk Islam Al-Hananiyah Bodak Tahun Pelajaran 2016/2017. El-Tsaqafah, 17(1).
Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2012). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.
Ulumuddin, I. (2021). Pengaruh Bi'ah Lughawiyah Dalam Peningkatan Maharah Al-kalam SMP IT Mataram. Sripsi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang.
Uri, N. F. M., & Aziz, M. S. A. (2018). Implementation of CEFR in Malaysia: Teachers’ awareness and the challenges. 3L: Language, Linguistics, Literature, 24(3), 168–183. https://doi.org/10.17576/3L-2018-2403-13.
Rosydi, A., T. (1986). Ta’limu al-Lugha al-Arabiyah linnathiqina bilughati ukhra. Makkah al-Mukarramah: Jamiah Ummul Qura.